oleh

Workshop I PON XXII -2028, Dua Provinsi Matangkan Periapan Sebagai Tuan Rumah

SULTENGMEMBANGUN. COM, GORONTALO – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir menghadiri Workshop kegiatan PON XXII – 2028, di Hotel Grand Q Gorontalo, Selasa (11/01/2022).

Workshop tersebut dihadiri , Wakil Gubernur Gorontalo, Dr. Drs. H. idrus Rahim, MM,  Unsur Forkopimda Gorontalo, Kepala OPD Prov. Gorontalo, Ketua KONI Gorontalo / Pengurus , Kadis Pora Sulteng Drs. Irfan , M.Si. Ketua, Sekretaris, Bendahara /Pengurus KONI Sulteng.

Workshop tersebut bertemakan
” Dengan semangat workshop kita bulatkan tekat bersama mensukseskan Gorontalo – Sulawesi Tengah sebagai Tuan Rumah PON XXII – 2028″.

Ketua KONI Provinsi Gorontalo, MN. H. Fikram AZ Salilama , S.IP., dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Datang kepada Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan rombongan sebagai bentuk dukungan kita bersama untuk mensukseskan Tuan Rumah PON XXII – 2028 Sulawesi Tengah – Gorontalo.

Dikatakannya, kegiatan workshop pertama di Sulawesi Tengah telah disepakati Tuan Rumah Blbersama Sulteng-Go.

” Kiranya dapat disesuaikan dengan slogan Tuan Rumah Bersama Sulawesi Tengah dan Gorontalo POn XXII -2028. Dimana kegiatan PON XXII ini telah mendapat dukungan dari Gubernur Sulawesi Tengah , Gubernur Gorontalo , Ketua DPRD Provinsi Gorontalo. Dan tidak menutup kemungkinan provinsi Sulsel bisa bersama – sama bergabung menjadi Tuan Rumah Bersama pelaksanaan PON XXII.

BACA JUGA  Babak Kompetisi U-16 di Sulteng Makin Dilirik

Sementara itu, Ketua KONI Sulawesi Tengah diwakili Sekretaris KONI Sulsel Husen Alwi , menyampaikan dukungan Ketua KONI Pusat untuk mensukseskan Sulawesi Tengah dan Gorontalo sebagai Tuan Rumah Bersama PON XXII – 2028. Bahkan kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Gubernur dan Ketua KONI Jawa Barat dan KONI Seluruh Indonesia.

” Kami dari KONI Sulteng mempersiapkan seluruh administrasi persyaratan untuk mensukseskan pelaksanaan PON XXII – 2028. Karena itu, kita harus mempersiapkan Open Biding PON yang akan dilaksanakan pada Maret sekaligus mempersiapkan seluruh persyaratan dan dukungan dana sebagai dana jaminan,” kata Husen Alwi.

Disisi lain, kita juga berupaya menambah provinsi untuk menjadi Tuan Rumah Bersama pada PON XXII – 2028.

Hanya saja karena ada rencana perubahan waktu, sehingga kegiatan PON dilaksanakan 2 tahun sekali. Kemungkinan PON XXII ini dilaksanakan pada 2026, imbuhnya.

Diapun berharap kepada semua stakeholder dan Pemerintah Daerah di Sulteng dan di Gorontalo, kiranya bisa saling mendukung dan bersinergi untuk mensukseskan pelaksanaan PON XXII.

Masih diacara yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Mamun Amir menyampaikan permohonan maaf Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura karena tidak bisa hadir diacara workshop persiapan PON XXII di Gorontalo. Sebab saat ini Gubernur Sulteng tengah mempersiapkan Kunjungan Panglima TNI ke Sulawesi Tengah.

BACA JUGA  Dewan Pers: Hanya 7 Organisasi Pers yang Diakui

Namun komitmen Gubernur Sulawesi Tengah tetap Solid dan terus berupaya untuk mensukseskan Tuan Rumah Bersama PON XXII – 2028 .

Gubernur juga menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan Workshop ini yang bertujuan untuk mensuksekan pelaksanaan kegiatan sebagai Tuan Rumah Bersama PON XXII.

” Provinsi Sulawesi Tengah sudah mengalokasikan Anggaran untuk persiapan sebagai tuan rumah bersama di APBD Tahun 2022. Dan ini merupakan bentuk  Komitmen Provinsi Sulawesi Tengah untuk menjadi Tuan Rumah Bersama Penyelenggara PON XXII Tahun 2028.

” Mari kita galang dukungan dari semua pihak termasuk dari Tokoh Masyarakat di Sulawesi Tengah dan Gorontalo untuk ikut mensukseskan Sulawesi Tengah – Gorintalo Sebagai Tuan Rumah PON XXII – 2028 , termasuk meminta Dukungan Provinsi Sulawesi Selatan Sebagai Tuan Rumah Bersama PON XXII Tahun 2028,” ujar Wagub Sulteng.

Menyambung hal tersebut, Gubernur Gorontalo diwakili Wakil Gubernur Gorontalo , Dr. Drs. H  Idris Rahim , MM , juga menyampaikan permohonan maaf Gubernur Gorontalo karena belum bisa dapat bersama kita saat ini sehubungan dengan agenda kegiatan Pemantauan Pelaksanaan Vaksinasi Covid agar Capaian Vaksin di Gorontalo dapat mencapai 80% .

BACA JUGA  Kunker ke Kabupaten Buol, Kaper BKKBN Siap Dukung Pembentukan Lembaga KB

Selanjutnya Wakil Gubernur , menyampaikan Selamat datang kepada Wakil Gubernur yang datang secara langsung hadir mengikuti Workshop ini sebagai bentuk komitmen bersama sebagai Tuan Rumah Bersama Penyelenggara PON XXII dan mengharapkan kiranya Provinsi Sulawesi Selatan juga bisa ikut untuk memperkuat menjadi Tuan Rumah Bersama Penyelenggara PON XXII Tahun 2028 .

Tentunya sebagai Tuan Rumah Penyelenggara PON akan dibangun Infrastruktur OlahRaga  yang bertarap Internasional. Sekaligus ajang juga memperkenalkan Potensi Daerah yang nantinya akan mengundang Investor untuk melirik Potensi tersebut untuk di Kelola dan dapat meningkatkan Ekonomi Masyarakat .

Dan sebagai Tuan Rumah PON XXII nantinya akan menjadikan daerah kita ini dapat sejajar dengan daerah yang lain yang telah mampu sebagai penyelenggara PON.

” Untuk itu mari kita berikan dukungan guna mewujudkan Tujuan Kita Bersama sebagai Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028,” tutupnya mengakhiri sambutan tertulis gubernur Gorontalo. (*rls)

Komentar

News Feed