oleh

Warga Desa Tonggolobibi dari Sojol Donggala, Terpilih Sebagai Keluarga Teladan Wakili Sulteng Ditingkat Nasional.

Tampak tim penilai melakukan wawancara secara virtual dengan Keluarga Abdi dari RT 1 Dusun 1 Desa Tonggolobibi, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, yang terpilih sebagai Keluarga Teladan Terbaik 1 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021. (F-ist)

SULTENGMEMBANGUN.COM, PALU –
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah di tahun 2021 ini mengadakan lomba keluarga teladan dalam rangka merayakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 tahun 2021.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati mengatakan dalam lomba keluarga teladan ini banyak hal yang jadi penilaian tim juri diantaranya mengenai 8 fungsi keluarga, penggunaan alat kontrasepsi dan keikut sertaan keluarga dalam hidup bermasyarakat.

” Jadi penilaiannya beragam dan sistim penilaian dilakukan dengan cara virtual mengingat kondisi saat ini masih dalam masa pandemi covid 19,” kata Erna.

Sesuai hasil penilaian oleh Tim Penilai lomba keluarga teladan tahun 2021 dari BKKBN Sulteng, menetapkan keluarga Abdi yang tinggal di RT 1 Dusun 1 Desa Tonggolobibi, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, sebagai Keluarga Teladan Terbaik 1 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), dan akan berkompetisi di tingkat nasional di ajang Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021.

BACA JUGA  Mulai 2020, Diskominfo Sewakan Videotron/MDI di Depan Kantor Bank Sulteng

Ketua Harian Komda Lansia, Sabrin O. Ladongi, bersama dua Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sulteng Erky Silvana Arwan dan Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Ruwayah sebagai anggota, memilih keluarga Abdi sebagai keluarga teladan sudah memenuhi syarat.

Lomba keluarga teladan merupakan salah satu upaya untuk mengakselerasi program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (banggakencana) sekaligus sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021.

Dalam melakukan seleksi finalis lomba keluarga teladan, tim penilai memeriksa dokumen administratif yang dilanjutkan wawancara. Wawancara secara langsung melalui video call untuk mengkroscek langsung data yang dikirimkan dan menanyakan beberapa hal seperti usia kawin pertama, jarak kelahiran, jenis kontrasepsi yang digunakan, dan keanggotaan dalam kelompok kegiatan (poktan).

Beragam pertanyaan lainnya yang ditanyakan kepada keluarga Abdi terutama mengenai penerapan konsep 8 (delapan) fungsi keluarga, yaitu agama, cinta kasih, reproduksi, perlindungan, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan, ungkap Ketua Tim Penilai Sabrin O. Ladongi.

BACA JUGA  Rumkit Wirabuana Palu, Masuk Nominasi Terbaik Tingkat Nasional untuk Pelayanan KB

Sementara Erky Silvana Arwan fokus pada pertanyaan seputaran penggunaan kontrasepsi dan peran keluarga dalam hidup bermasyarakat.

Keluarga Teladan ini adalah salah satu upaya untuk menanamkan atau menginternalisasikan 8 fungsi keluarga menjadi kebiasaan sehari-hari. Semoga keluarga perilaku terbaik di Kab/Kota ini nantinya dapat menerapkan 8 fungsi keluarga yang ditanamkan dalam sebuah keluarga.(*nl)

Komentar

News Feed