oleh

Wali Kota Surabaya, Risma Bantu Program Penanggulangan Pasca Bencana

Berkunjung ke Palu, Walikota Surabaya, Risma meluangkan waktunya meninjau pembangunan pasar Vinase, bantuan dari warga Kota Surabaya. (F-Andien)

PALU, Sultengmembangun. com – Wali Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Tri Rismaharini, berkunjung ke Kota Palu, Rabu (19/6/2019), dalam rangka memberikan dukungan kepada masyarakat palu yang terdampar bencana paska kejadian 28 September 2018.

Wali Kota Surabaya yang akrab disapa Risma itu, hadir sebagai Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pacific (ASPAC).

Dalam kunjungannya, Risma, menyampaikan 3 maksud utamanya kepada Pemerintah Kota Palu yakni bantuan pembangunan hunian tetap dari Wali Kota Surabaya sebanyak 11 unit, yang akan dibangun di lokasi relokasi pengungsi di lahan milik pemerintah di perbatasan Kelurahan Tondo dan Kelurahan Talise.

“Nanti saya juga akan sampaikan di perhimpunan wali kota dunia, agar dapat membantu penanggulangan pasca bencana di Kota Palu,” ujarnya kepada Wali Kota Palu, Hidayat.

Selain huntap, Risma dan anggota ULCG ASPAC juga akan membantu rehabilitasi dan rekontruksi Pasar Vinase di Kelurahan Baiya, Kecamatan Tawaeli.

BACA JUGA  Angka Covid-19 Sulteng Terus Bertambah Hingga 83 Orang

Tetakhir, Risma juga ingin membantu pembangunan pusat jajanan di Kota Palu.

Sebelumnya, Risma meminta Pemerintah Kota Palu mempresentasikan site plan pembangun huntap yang sudah disusun.

“Nanti akan kita sesuaikan dengan jenis perencanaan huntap yang ada pada tim kita, seperti yang sudah kita bangun di Lombok,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Palu Hidayat, mengaku sangat terbantu.
Karena dengan adanya bantuan itu, bisa mempercepat proses pemulihan pasca bencana di Kota Palu.
Terutama dalam hal pemenuhan hunian bagi warga yang kehilangan tempat tinggalnya.

Lanjut Hidayat, pihaknya sudah memenuhi semua permintaan dari UCLG ASPAC.
“Untuk huntap, tinggal menunggu lahan, kita sudah siapkan lahannya,” ungkap Hidayat. (*nila)
REDAKTUR : Nila

Komentar

News Feed