Wagub Sulteng Mengapresiasi UKW yang Dilaksanakan PWI Kerjasama Biro Humpro

0
117

Wakil Gubernur Sulteng, H.Rusli Dg Pallabi saat membuka kegiatan UKW, kemarin di Palu.(F-Ist)

PALU, Sultengmembangun.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng bekerjasama dengan Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan VI tahun 2019, yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sulteng, H.Rusli Dg Pallabi, Senin (18/11/2019), di salah satu hotel yang ada di Kota Palu.

Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg Pallabi mengapresiasi pelaksanaan UKW ini. Karena UKW merupakan syarat utama bagi para insan pers untuk menjadi jurnalis yang profesional dalam bekerja.

” Saya bangga kegiatan UKW yang ke enam kalinya dilaksanakan oleh PWI bekerjasama dengan Pemda Provinsi Sulawesi Tengah melalui Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng. Ini menujukkan sebuah kemajuan bagi para insan pers di Sulawesi Tengah dan sudah tidak diragukan hasil karyanya karena para jurnalis yang sudah UKW ini, sudah memahami dan mendalami tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU Pers sebagai acuan dalam menjalankan profesinya sebagai wartawan,” ujar Wagub Sulteng H.Rusli Dg Pallabi.
Dengan dilaksanakannya UKW ini, diharapkan dapat melahirkan insan pers yang berkualitas dan menghasilkan produk jurnalis yang lebih berkualitas.

” Produk jurnalis harus mampu mendidik masyarakat untuk menjadi cerdas dalam menyikapi sebuah informasi. Tentunya dengan UKW ini kita akan bisa mengetahui profesionalitas seorang jurnalis dalam penyajian berita yang baik dan benar, terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata wagub Rusli Dg Pallabi.

BACA JUGA  Cegah Kehamilan Dimasa Pandemi Covid 19, BKKBN - Komisi IX DPR RI Edukasi Masyarakat dan Bagi Sembako Gratis

Ketua PWI Pusat dalam hal ini diwakili Sekretaris komisi kompetensi wartawan PWI Pusat, Djoko Tetuko mengatakan UKW ini sangat penting bagi seorang jurnalis. Sehingga dengan UKW, rofesionalisme kerja jurnalis lebih terjamin.

” Berdasarkan data yang ada di Dewan Pers, hingga 2019 ini, sudah sebanyak 14.484 jumlah wartawan yang sudah mengikuti UKW yang diselenggarakan oleh PWI. Saya haraokan kedepan jumlahnya akan terus bertambah,” ujar Djoko.

Sementara itu, Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara mengharapkan agar penyelenggaraan.UKW ini bisa dilaksanakan secara rutin, minimal dua.kali dalam setahun. Mengingat banyaknya wartawan yang ingin mengikuti UKW hanya saja.kuota kelasnya terbatas.
” PWI Sulteng akan terus berupaya agar kuota peserta dan jumlah kelasnya bisa ditambah. Mengingat UKW ini sangat penting sebagai bentuk pengakuan bagi seorang jurnalis oleh Dewan Pers,” pungkas Mahmud Matangara.
Sejalan dengan hal itu, Kepala Biro Humas dan Protokol (Humpro) Setdaprov Sulteng yang diwakili Ketua Panitia kegiatan UKW, Adiman Radja selaku Kepala Bagian Penerengan dan Publikasi di Biro Humpro Sulteng menambahkan bahwa UKW ini dilaksanakan selama 2 hari dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas
dan profesionallitas wartawan. Disamping itu, UKW merupakan upaya menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.
” UKW menjadi tolak ukur terhadap standarisasi bagi seorang jurnalis. Mengukur kemampuan, pengetahuan dan menegaskan posisi pentingnya di dalam perusahaan pers,” Pungkasnya.(NP).

BACA JUGA  Apel dan Renungan Suci di TMP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here