oleh

Wagub Berharap Hasil Rekomendasi Inspektur Daerah Dapat Dituntaskan

H. Rusli Dg Pallabi saat merapat pemutakhomiran data hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah. (F-humpro)

PALU, Sultengmembangun. com – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusli Dg Pallabi membuka rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat se- Sulawesi Tengah, bertempat di Aula Inspektorat Kantor Inpektorat Sulteng di jalan Dewi Sartika, Palu, Senin, (14/10/2019).

Rapat pemuktahiran data ini dimaksudkan untuk mengetahui secara konkrit sejauh mana tindak lanjut atau penyelesaian atas temuan-temuan hasil pemeriksaan APIP yang dilakukan oleh instansi yang menjadi Obrik pemeriksaan, baik yang bersifat administratif, prosedur maupun yang terindikasi kerugian Negara dan Daerah, jelas Sekretaris Inspektorat Daerah Sulteng, Marni Julia Karompot.

Sementara wagub berharap bahwa dalam percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawasan intern pemerintah adalah merupakan wujud nyata dari kita semua untuk melaksanakan misi pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan Provinsi Sulawesi Tengah yang maju, mandiri, dan berdaya saing.

” Inspektorat selaku aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) di daerah mampu menjadi quality assurance atau penjamin mutu atas penyelenggaraan pemerintahan di daerah sebelum diaudit oleh aparat pengawasan eksternal. Selain itu aparat pengawasan internal juga harus mampu melakukan pembinaan sekaligus bertindak selaku konsultan terhadap seluruh OPD yang ada di daerah,” pintanya.
Namun demikian, pihaknya berjanji untuk selalu berupaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas para aparatur pengawasan yang profesional dan berintegritas agar tugas pengawasan yang menjadi tanggung jawabnya dapat terlaksana sesuai yang diharapkan.

BACA JUGA  Bahas Rancangan Pergub Patujua tentang Penurunan Angka Perkawinan Anak, BKKBN Sulteng Bersinergi Bentuk Tim Terpadu

Mengingat peran APIP sangat strategis dalam mendukung pencapaian tujuan organisasi, dan keberhasilan mewujudkan good governance. Selain itu, APIP juga diharap dapat memberikan peringatan dini, menawarkan solusi atas berbagai masalah, dan meningkatkan kapabilitas pengawasan intern pemerintah.

” Inilah maksud diadakannya rapat konsolidasi pemutkahiran data seperti ini untuk mencari titik temu penyelesaian tindak lanjut atas hasil pemeriksaan yang dilakukan,” tandasnya.

Dan terkait hasil pemeriksaan Inpektorat Daerah, dengan rekomendasi pemeriksaan Inspektorat Daerah Provinsi di kabupaten sebanyak 111 (seratus sebelas rekomendasi) rekomendasi dengan nilai Rp. 321.296.769,00, (tiga ratus dua puluh satu juta, dua ratus sembilan puluh enam ribu, tujuh ratus enam puluh sembilan) rupiah, Wagub harapkan agar seluruh rekomendasi hasil pemeriksaan yang diberikan oleh Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota se-sulawesi tengah dapat segera ditindaklanjuti secara tuntas.

Rapat Pemuktakhiran data ini dihadiri Para Inspektur Kab/Kota Se Sulawesi Tengah atau yang mewakili dan Para Pejabat Fungsional Auditor dan P2UPD.(NP)

BACA JUGA  Optimalkan Pendapatan Daerah, Gubernur se Sulawesi Gandeng BPH Migas dan Pertamina

Komentar

News Feed