Wabup Parimo Harapkan Sinergitas OPS Menuju Pembangunan 5 Tahun Kedepan

0
201
Dalam kegiatan rapat dengan Bappelitbangda Parimo.(F-hms)

PARIGI MOUTONG, Sultengmembangun.com – Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai SE minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bangun sinergitas Program Kerja selama 5 tahun kedepan. Hal itu disampaikan Wabub pada saat kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2018 – 2023, bertempat di Aula Pertemuan Bappelitbangda Parimo, Jum’at (22/2/2019).
Menurut Badrun, Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Kabupaten Parigi Moutong akan lebih terah jika semua OPD benar benar menjalankan Program Pemerintahan dengan baik. Ia juga berjanji akan mengevaluasi kinerja OPD setiap tahunnya.

“Berkaitan dengan RPJMD ini, insya Allah kedepan saya sudah janjikan setiap tahunnya akan kita evaluasi sampai lima tahun kedepan, sejauh mana yang sudah kita lakukan ada perkembangan atau tidak,”imbuhnya.
Badrun menambahkan, semua OPD harus memberikan pemaparan Program starategis OPD masing masing.

“Saya harap kepada OPD termasuk camat mengutamakan program kepentingan umum. Setiap OPD harus memaparkan rencananya 5 tahun kedepan dan berapa persen yang harus dia capai selama 5 tahun itu. Ini yang penting sekali dan memang kemarin sudah saya sampaikan kepada tim,”tegasnya.

BACA JUGA  Banjir Melanda Wilayah Tinombo, Warga Mengungsi

Selanjutnya Wabub berharap, khususnya kepada masyarakat melalui forum masyarakat agar dapat memberikan masukan dan saran, apa apa yang harus dilakukan untuk memberikan nilai tambah atau kebutuhan perencanaan di kabupaten Parigi Moutong selama kurun waktu 5 tahun kedepan.

“Saya harapkan juga sumbang saran dan masukan masukan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong, karena masyarakat juga mendengar apa yang disampaikan MUI dan Kemenag, tujuannya agar semua bisa kita sinergikan,”pintannya.
Tambah Wabub, dirinya akan mengawal RPJMD yang sudah di susun OPD, sehingga presentasinya dapat di ketahui mana yang sudah dilaksanakan di tahun pertama dan 5 tahun terakhir.

“Insya Allah saya akan kawal terus. Saya minta tolong bersama sama kita merencanakan pembangunan di kabupaten Parigi Moutong ini, dari tingkat desa sampai tingkat Kabupaten karena anggaran desa sudah ada serta anggaran kecamatan dan kelurahan sudah dinaikan,”pungkasnya.
“Saya tidak mau dengar lagi ada keluhan keluhan dari Camat dan Lurah, karena sekarang sudah disejajarkan, tinggal kinerjanya yang harus ditingkatkan,”tambahnya.

BACA JUGA  Penurunan Stunting Perlu Koordinasi Antar Sektor

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong saat ini masuk dalam peringkat B kategori Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB). dalam waktu 5 tahun kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong akan berusaha menaikan Peringkat A.

“Mudah mudahan kedepan peringkat kita dari B meningkat jadi A kalo sudah A-A, menurut Menpan, tidak perlu lagi pemerintah daerah itu di curigai atau diragukan, karena jika sudah dapat peringkat tersebut maka semua sistem Pemerintahan itu sudah dilaksanakan dengan baik. Kalau sudah mencapai seperti itu, Insya Allah cita cita kedepan dalam kurun waktu 5 tahun pencapaian program jangka menengah yang di jalankan oleh Parangkat daerah secara menyeluruh teritegrasi sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yaitu “Memantapkan Kabupaten Parigi Moutong Terdepan Yang Produktif, Maju, Adil, Merata, Berkelanjutan dan Berdaya Saing,”ujarnya.

Kemudian Rencananya Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong bersama Anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong akan melakukan kunjungan ke Kota Bitung guna melihat pengembangan Tol Laut, yaitu jalur Pelayaran kapal laut dari home basenya di Bitung ke Kabupaten Parigi moutong.

BACA JUGA  Cegah Gizi Buruk, Bupati Parimo Minta Tingkatkan Kualitas Gizi

Dengan adanya Tol Laut, di targetkan jalur perdagangan meningkat dan dapat menopang ekonomi masyarakat, misalnya pengiriman beras ke berbagai daerah dapat terakses.(Rahman.Diskominfo parimo)

REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here