Wabup Buol : Jangan Nikahkan Anak Diusia Dini

0
66

Mantapkan Peserta GenRe untuk Mewakili Buol di ajang Audisi GenRe di Tingkat Provinsi.(F-ist)

BUOL, Sultengmembangun.com – Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu mengimbau pada orang tua agar tidak menikahkan anak-anaknya diusia muda, yang masih remaja.
Beri kesempatan mereka untuk mengisi masa mudanya dengan hal-hal yang positip. Demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu pada acara Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) di Gedung Srikandi, Buol, Sabtu (22/02/2020).

Pada kesempatan itu, Andullah Batalipu menegaskan kepada para orang tua ahar memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk bersekolah hingga mereka mewujudkan cita-citanya.
” Jangan paksakan anak-anak kawin muda. Berikan kebebasan untuk berkreasi dan mengisi masa remajanya dengan hal-hal positip yang kelak bisa menjadi sebuah pengalaman yang berharga bagi mereka ketila sudah saatnya mereka membina rumah tangga baru di usia yang sudah matang,” ujar Wabup Abdullah Batalipu dihadapan para calon duta GenRe.
Untuk diketahui bahwa pada ajang pemilih duta GenRe 2020, di tingkat Kabupaten Buol, Panitia, yang diawali dengan seleksi awal dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang perwakilan dari setiap kecamatan di Buol.

BACA JUGA  All New Ertiga Suzuki Sport Hadir di Kota Palu

Setelah melalui seleksi yang ketat maka terpilih sepasang duta GenRe, yaitu Moh. Alfarizi dan Nur Afiah Arifin dari SMAN 1 Biau, yang akan mewakili Buol pada ajang yang duta genre di tingkat provinsi.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan kemudahan mengakses informasi maka sudah saatnya orang tua lebih terbuka dan senantiasa menjalin komunikasi dengan anak.
“Keterbukaan didalam keluarga menjadi hal yang sangat penting sekali. Karena dengan keterbukaan didalam sebuah keluarga menjadi kunci utama dalam menjaga anak-anak yang beranjak remaja agar tidak mudah terjerumus dalam pergaulan bebas atau sejenisnya,” pungkasnya.
Abdullah yang juga Ayah GenRe Kabupaten Buol tak lupa menyampaikan terima kasih dan dukungan untuk Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DinkesPPKB) Kabupaten Buol bersama Forum GenRe Buol yang gencar melakukan kegiatan.
Dia berharap, kiranya sosialisasi mengenai program GenRe digencarkan di setiap kecamatan baik ditingkat sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) maupun sekola lanjutan tingkat atas (SLTA).

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Maria Ernawati sangat berterima kasih kepada Wakil Bupati atas kesediaanya menjadi Ayah GenRe Kabupaten Buol.

BACA JUGA  Sebagian Besar Daerah di Sulteng, Teknis Pengelolaan Data SIGA Belum Terintegrasi

Pada kunjungan perdananya pasca dilantik sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Erna mengatakan apresiasi atas prestasi aremaja Buol pada program GenRe diantaranya menjadi finalis Duta GenRe Indonesia tahun 2019 dan secara beruntun meraih predikat pusat informasi dan konseling terbaik di tingkat provinsi.(Widya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here