Verna Gladies Inkiriwang, Calon Bupati Perempuan Pertama untuk Kabupaten Poso

0
652

“Aspirasi suara masyarakat kelas menengah kebawah”

POSO, SM.com – Kepemimpinan di era modernisasi seperti sekarang ini sudah tidak harus didominasi kaum pria.
Dalam prakteknya, kepemimpinan perempuan terbukti lebih baik terutama dalam arahan, berorasi maupun beretorika atau bahkan dalam memberikan gagasannya.
Kesimpulannya semua orang dapat menjadi pemimpin (leadership) termasuk kaum wanita.
Gambaran ini dengan mudah dapat dilihat melalui peran seorang perempuan dihampir semua lini dan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
Dalam hal kesetaraan gender, kedudukan seorang wanita sudah diakui hak-haknya dan sama dalam berpatisipasi, baik dalam kegiatan berpolitik, perekonomian, sosial, budaya, pendidikan serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.
Jadi tidak ada yang salah jika perempuan juga bisa menjadi seorang pemimpin. Buktinya, Megawati seorang perempuan yang pernah jadi pemimpin dan Presiden di negara kita. Di daerah-daerah juga banyak perempuan yang jadi Bupati, Walikota dan Gubernur.
Banyak pihak bertanya mengapa apa kelebihan seorang perempuan ?
Sederhana saja, pertama karena perempuan adalah pendengar yang baik dan hanya wanitalah yang di anugerahi naluri untuk mendengarkan dan berbicara menggunakan mata hatinya.
Kedua, perempuan bisa berkolaborasi : Perempuan memiliki ‘passion’ untuk bekerja sama dengan orang lain. Inilah yang memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menyuarakan pendapat dan menjadi bagian dalam proses berdemokrasi.
Ketiga, perempuan lebih Fleksibel : Perempuan tidak kaku dan tidak selamanya hanya berpatokan pada aturan-aturan yang akhirnya membuat dia tidak mampu mengambil sebuah kebijakan penting yang pro rakyat.
Keempat, perempuan pandai memotivasi : Perempuan sangat mengerti apa yang harus di tonjolkan dan apa yang harus di kurangi dalam sebuah potensi.
Untuk itu, ditengah-tengah keterbelengguan aspirasi masyarakat saat ini, Verna Inkiriwang muncul. Dia dengan ikhlas bersedia menjadi pendengar dan pelanjut aspirasi masyarakat sesuai kemampuan yang dimilikinya.
Pengalaman sebagai anggota DPR RI selama dua periode menjadi modal untuk menata kembali apa yang sudah rusak dan mengembalikan ulang segala sesuatu sesuai asprasi masyarakat Poso.
Terpilihnya Verna Inkiriwang akan mengukir sejarah baru dimana seorang perempuan Poso bisa menjadi Bupati ditanah leluhurnya sendiri.
” TUWU SIWAGI, TUWU MALINUWU,
SINTUWU MAROSO”. (*nila)

BACA JUGA  Desain Bangunan Gedung IAIN di Sigi Melambangkan Budaya Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here