oleh

Update Covid 19, Empat Orang PDP Positif di RS Madani Palu

Terkendala alat PCR, pasien covid menunggu hingga berhari-hari untuk mengetahui hasil swab dari Makassar.(F-ist)

PALU, SM.com – Up date data pasien Covid 19 yang PDP di Rawat di Rumah Sakit Madani Palu , Selasa (28/04/2020), berjumlah 4 orang dinyatakan Positif Covid 19 berdasarkan hasil swab.

Selain itu, ada 3 PDP yang masih menunggu hasil swab pertama. Dan semua pasien tersebut masih di rawat secara intensif di Gedung Isolasi Covid 19 di RS Madani, kata Direktur Utama RSU Madani, dr Nirwansyah Parampasi Sp.PA, Selasa (28/04/2020).

Hingga hari ini, jumlah pasien positif virus corona terkonfirmasi dirawat di RS Madani berjumlah 4 orang karena ada ketambahan dua orang PDP covid 19 yang positif . Sebelumnya ada dua orang yakni SL (26) dan AAT (26). Namun hasil swab membuktikan bahwa YP (26) dan S (22) juga positif terpapar covid 19. Jadi totalnya ada 4 PDP positif di RS Madani 2 pria dan 2 wanita.

dr.Nirwan menambahkan ada 3 PDP yang dirawat di RS Madani, yang masih menunggu untuk dilakukan tes swab pertama.

BACA JUGA  Sulteng Bakal Miliki Industri Kakao Berskala Besar

” Karena saat ini kita masih terkendala peralatan untuk mendeteksi virus korona dengan metode reaksi rantai polimerase atau PCR. Sulteng belum memiliki PCR, namun Pemprov Sulteng dalam hal ini Gubernur Longki Djanggola sudah mengupayakan untuk pengadaan PCR. Hal itu diharapkan agar dapat mempercepat deteksi Covid-19 secara akurat,” jelas dr.Nirwan.

Sebab kalau selamanya masih menunggu hasil swab yang dikirim dari Makassar, pastinya butuh waktu beberapa hari baru bisa diketahui hasilnya. Apalagi dengan ditutupnya penerbangan Palu- Makassar dan di semua kota, otomatis hal itu semakin menghambat perjalanan laporan swab itu, akan sampai di palu dalam waktu beberapa hari karena akses pengiriman hanya dapat dilakukan melalui transportasi darat.

Diharapkan dalam waktu dekat ini, peralatan untuk mendeteksi virus korona dengan metode reaksi rantai polimerase atau PCR segera ada sehingga sudah bisa di operasikan di salah satu RS di Palu.

“Untuk sementara, selain 4 orang PDP positif terkonfirmasi, masih ada 3 orang PDP yang masih dalam tahap untuk dilakukan tes swab, 2 di antaranya saat dilakukan rapid test hasilnya positif sedangkan PDP yang satunya lagi, hasil rapidnya negatif tapi masih suspect karena ada beberapa gejala yang sama persis dengan covid. Makanya kami mau tes baru bisa dipastikan apakah covid 19 atau bukan” kata dr. Nirwan.

BACA JUGA  Maknai Ramadhan, Pihak Bank Sulteng Santuni Anak Yatim

Untuk itu, pihaknya senantiasa menghimbau kepada masyarakat supaya tidak menganggap remeh dengan covid 19. Tetap taat dan koperatif dalam mengikuti saran-saran pemerintah demi memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 hingga pandemi virus corona ini benar-benar tidak ada lagi mewabah. Hingga masyarakat bisa beraktivitas secara normal kembali.(nil)

Komentar

News Feed