Tingkatkan Pemahaman Siswa tentang Wawasan Kebangsaan

0
145

Kesbangpol Donggala kerjasama dengan Polres Palu

DONGGALA, Sultengmembangun.com – Jelang pilkadea serentak di Kabupaten Donggala khususnya di Kecamatan Dampelas, Kesbangpol Kabupaten Donggala secara intens menggalakkan program workshop tentang bela negara yang didalamnya terangkum tentang pemahaman dan pendalaman ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan.

Workshop wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan bagi para generasi muda bangsa tentang nilai-nilai dan arti luhur pancasila. Dan tak kalah pentingnya, workshop wawasan kebangsaan ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh Pemkab Donggala bekerjasama dengan Polres Donggala dalam menangkal paham radikalisme.

Kegiatan workshop dibuka oleh Bupati Donggala diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Donggala, Tafif S,Sos,M.Si, Selasa (19/11/2019), di Aula SMAN 2 Dampelas, Desa Rerang Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.
Melalui materinya, Tafif mengajak seluruh siswa-siswi SMAN 2 Dampelas untuk cinta tanah air. Dengan menanamkan rasa cinta tanah air, diharapkan kelak para generasi bangsa ini dapat menangkal segala bentuk paham radikalisme.
” bela negara harus nyata dilakukan oleh generasi muda bangsa dengan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan cara belajar dengan baik, hormati orang tua dan guru serta hindari paham radikal yang dapat merusak masa depan kalin sebagai generasi penerus bangsa dalam menjaga keutuhan negara NKRI” pungkasnya.

BACA JUGA  KPU Donggala Kenalkan Metode Kampanye iklan di Media

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Donggala, Iptu Musa, S.Sos mewakili Kapolres Donggala pada workshop kali ini menyampaikan materi terkait peningkatan pemahaman ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan. Adapun tema kegiatan workshop kali ini tentang Bela Negara sebagai benteng negara kesatuan republik indonesia, kita tanamkan kepada generasi millenial sebagai wujud cinta tanah air dengan semangat dalam rangka Cipta Kondisi ,untuk antisipasi perkembangan situasi Kamtibmas menjelang Pilkades serentak se二kabupaten Donggala Khususnya di Kecamatan Dampelas”.
” kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi masuknya pengaruh paham radikalisme dikalangam siswa,” kata Iptu Musa.

Sementara, Pabung Kodim 1306 Donggala Mayor Inf Almrullah menambahkan bahwa Bangsa indonesia saat ini mengalami dua jenis Gangguan yaitu gangguan nyata dan gangguan tidak nyata.maka dari itu Keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut serta mewujudkan stabilitas wilayah, serta dalam rangka penyelenggaraan Bela Negara. Daerah mempunyai kewajiban untuk melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional serta keutuhan NKRI.
“Untuk mewujudkan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat, perlu dilakukan upaya-upaya kewaspadaan dini dan cegah dini masyarakat, sebagai wujud nyata penyelenggaraan otonomi daerah. Salah satunya dengan melaksanakan upaya bela negara,” tandasnya.

BACA JUGA  Massa PD HPA Gelar Aksi Tuntut Tanah di Kelurahan Ranonocu Poso

Pada intinya kegiatan ini mengajak kita semua untuk bersama-sama menciptakan suasana rukun ,damai, dan harmonis dalam keluarga (lingkungan keluarga) sehingga bela negara tidak musti dengan senjata karena perang yg nyata saat ini adalah perang terhadap NARKOBA , MIRAS, dan BERITA HOAKS. Karena apabila ketiga macam bentuk gangguan tersebut sudah ada di tengah-tengah kita maka kita akan mudah terpapar terhadap paham-paham Radikalisme dan terorisme, imbuh Iptu Musa. S.Sos saat memberikan respon positif sebagai pembangkit semangat generasi muda dengan cara memberikan sebuah pertanyaan lalu para siswa/Siswi yang bisa menjawab di berikan hadia oleh Iptu Musa, S.Sos sehingga reaksi para Siswa/Siswi semangat diiringi tepuk tangan yang meriah dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan berakhir pada pukul 12.57 wita dilanjutkan deklarasi menolak paham radikal dan teroris. selama kegiatan berlangsung situasi berjalan dalam keadaan aman terkendali serta riuhnya gelak tawa para siswa/siswi yang mengikuti kegiatan tersebut dan mendapatkan antusias baik dari seluruh lapisan masyarakat Kec Dampelas Kab Donggala dan Sekaligus menjalin Silaturahim terhadap masyarakat khususnya Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat Kec Dampelas yang di tandai dengan foto bersama.

BACA JUGA  Beraksi diBeberapa Tempat, Warga Desa Oti Ditembak Karena Ketahuan Mencuri

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Dampel BRIPKA Saharudin SH (Kanit Intel Polsek Damsol), Nuryadin Kepala Desa Long, Fathum Seretaris Desa Lembah Mukti, Kisman Sekretaris Desa Guru2 SMAN 2 Dampelas.(Nila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here