oleh

Tindak Lanjuti Surat Edaran Gubernur Sulteng, Tim Gabungan Covid 19 Giatkan Operasi Penerapan Prokes Secara Rutin

Giat Operasi penerapan Prokes Covid 19 yang dilakukan oleh tim gabungan TNI/Polri, Dishub dan Sat Pol PP, rutin dilaksanakan baik siang hari maupun malam hari. (F-ist)

SULTENGMEMBANGUN,COM, PALU –
Ditengah meningkatkan kasus pandemi covid-19, Pemerintah daerah bersama TNI/Polri secara intens terus melakukan penertiban dan penerapan protokol kesehatan (Prokes) serta menggalakkan himbauan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan sehingga tidak mudah tertular wabah covid 19.

Dalam beberapa pekan terakhir, TNI dan Polri secara rutin mengadakan penertiban disejumlah ruas jalan di Kota Palu. Selain itu juga melakukan penyemprotan Desinfektan dibeberapa tempat umum antara lain di pasar, di rumah makan/restoran/cafe, di Mall/Swalayan dan di tempat ibadah. Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Hal ini sejalan dengan surat edaran Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 443/45/Dinas Kesehatan tentang Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam surat edaran Gubernur menegaskan kepada semua pihak untuk menegakkan prokes dan memperketat pemantauan serta pengawasan terhadap kepatuhan dalam menjalankan prokes Covid-19.

Gubernur juga menegaskan agar memperketat pengawasan serta melakukan pembatasan di tempat penyelengaraan hajatan/pesta bila perlu dilakukan razia di tempat umum.

Tentunya dari semua itu diharapkan kesadaran masyarakat untuk selalu mawas diri terhadap penyebaran Covid -19 dengan menerapkan Prokes, kapan dan dimanapun beraktivitas, kata Gubernur Sulteng, Drs. H. Longki Djanggola, MSi .

Karena itu, kata Gubernur Longki, jangan pernah putus untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 di masyarakat. Sebab hampir semua Kabupaten di Sulawesi Tengah termasuk Kota Palu sudah masuk kategori zona merah.

” Saat ini ada Lima Kabupaten yang jumlah kasus Covid-nya meningkat yakni Kota Palu, Kabupaten Poso, Kabupaten Banggai, Kabupaten Parimo, Kabupaten Morowali Utara dan Kabupaten Sigi. Semeentara kabupaten lainnya masih berada di angka 100-200 kasus. Kondisi ini sangat memprihatinkan sehingga dibutuhkan keseriusan dan kepedulian dari kita semua, pemerintah daerah, TNI/Polri bersama masyarakat untuk meminimalisir kegiatan diluar rumah bilamana tidak terlalu penting. Bahkan sampai saat ini pemerintah masih memberlakukan sistim WFH (Work From Home) bagi para ASN bahkan masih ada juga OPD yang memberlakukan sistim berjadwal dikalangan PNS” ungkap Gubernur Longki sembari menambahkan bahwa semua ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Virus Corona di Sulawesi Tengah.

BACA JUGA  Grebek Bandar Sabu, Kapolsek Palu Utara Kena Bacok di Kepala

Polri dan TNI Intens Melakukan Razia

Bukan hanya disiang hari, bahkan hampir setiap malam Sinergi TNI/ Polri melakukan giat razia penerapan prokes covid 19 di sejumlah tempat umum dan tempat keramaian khususnya razia masker. Karena masih banyak juga masyarakat yang seolah mengabaikan hal ini. Mungkin bagi orang-orang seperti ini menilainya hal yang sepele, tetapi sesungguhnya dengan memakai masker akan menyelamatkan diri dari wabah virus corona. Karena itu jangan sekali-kali mengabaikan untuk tidak memakai masker. Sebab maskermu menyelamat kami dan maskerku menyelamatkan dirimu dari bahaya corona virus disease 19 (Covid-19).

Dalam razia tersebut, pihak TNI/Polri juga menyediakan masker bagi pelintas atau pengendara yang kedapatan tidak memakai masker dan langsung memakaikannya.

Sinergi TNI/Polri bersama Pemda Setempat Intens Melakukan Penyemprotan Disinfektan

Dipimpin langsung Kapolres Palu AKBP Riza Faisal,S.I.K.M.M bersama Dandim 1306 Donggala Kolonel.Inf.Heri Bambang Wahyudi ,S.IP dan Perwakilan Pemda kota Palu melaksanakan kegiatan penyemprotan Cairan Disfektan mengunakan Mobil AWC ( Armored Water Cenon) dan alat semprot manual di Pasar Inpres Manonda untuk mencegah penyebaran covid 19 diwilayah kota Palu.

” Kami berharap penyemprotan disinfektan ini bisa menekan laju penyebaran Virus Corona (Covid19),” ujar Kapolres Palu AKBP Riza Faisal,S.I.K.M.M didampingi Dandim 1306 Donggala Kolonel.Inf.Heri Bambang Wahyudi ,S.IP.

Selain itu, mereka juga melaksanakan kegiatan secara rutin yaitu bagi – bagi masker kepada masyarakat ditempat umum dan pusat keramaian bahkan turun langsung ke pasar-pasar yang ada di Kota Palu.

” Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran covid 19 di wilayah kota Palu. Dan kamipun juga berharap di daerah kabupaten lainnya di Sulteng juga intens menerapkan kegiatan seperti ini yaitu penertiban dan penerapan prokes untuk mencegah penularan wabah covid 19,” pungkas AKBP Riza Faizal.

Diapun menambahkan bahwa khusus di wilayah Hukum Polres Kota Palu, seluruh Polsek yang ada juga intens menggiatkan pemantauan dalam penerapan prokes dengan mendatangi pusat keramaian dan semua tempat hiburan/cafe serta rumah makan dan tempat wisata yang ada di wilayah hukum Polsek masing-masing.

BACA JUGA  Bupati Parimo Komitmen Berdayakan Kontraktor Lokal

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Palu Timur. Hampir setiap malam Pers polsek palu timur bersinergi dengan Raimas 1 Regu dari Polres Palu mengadakan razia ke tempat-tempat keramaian. Razia dipimpin Kasat Sabhara AKP Widodo Sugiharto, S.Sos.MH dan Kanit Turjawali Ipda Bramastha Hanif, S.Trk, Kapolsek Palu Timur AKP Umar, SH.

Siang harinya melakukan penyemprotan dengan menggunakan mobil Watercanon serta memberikan himbauan kepada masyarakat tentang penanggulangan penyebaran Covid 19 menggunakan Mobil Publick Adrees dengan mendatangi kompleks Perumahan termasuk di perumahan CITRALAND. Selain itu juga memberikan sosialisasi dan arahan ke Kampus UNTAD, di RS UNDATA Palu dan sepanjang Jl. Re.Martadinata, Jl.Pendidikan dan Jl.Soekarno Hatta ( depan kampus UNTAD) hingga disepanjang Kelurahan Tondo dan sekitarnya. Kegiatan yang sama juga rutin dilakukan oleh Polsek lainnya bersinergi dengan TNI dan Sat Pol PP.

Sidak di Tempat Umum dan Pusat Keramaian

Secara rutin, Tim Gabungan TNI/Polri dan Sat Pol PP setempat melakukan giat operasi pemantauan penerapan Prokes Covid -19 di sejumlah tempat keramaian.
Hal ini dilakukan untuk memastikan sejauh mana peran serta dari para pelaku usaha ini dalam menekan laju penyebaran Virus Corona.

Sebagaimana didalam surat edaran Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menghimbau kepada semua pelaku usaha untuk mematuhi prokes Covid 19.

Ada beberapa hal yang dipersyaratkan kepada para pelaku usaha ini dalam menjalankan bisnisnya. Seperti disebutkan dalam surat edaran Gubernur Sulteng yang menekankan agar semua pelaku usaha baik itu restoran, cafe, rumah makan, warkop dan usaha apa saja, untuk memperhatikan jam operasional, kapasitas, serta penerapan prokes. Dihimbau untuk menempel pamplet berupa himbauan Prokes yang wajib itu ada dan ditempel di bagian depan sehingga mudah bagi pengunjung untuk melihatnya.

Dan ini wajib bagi semua pelaku usaha/bisnis. Sebab jika tidak ditemukan adanya pamplet himbauan prokes maka pelaku usaha siap untuk terima sanksi sebagai konsekuensi karena dianggap melanggar.

Kegiatan ini merupakan sinergitas TNI Polri dan Sat Pol PP dalam rangka mendukung program Pemerintah menangani, mencegah dan memutus rantai penyebaran Virus Covid 19 yakni pendisiplinan Prokotol Kesehatan diwilayah Kota Palu

BACA JUGA  Kinerja BKKBN pada Semester I - 2019, Dinilai Baik & Lampaui Target

Kegiatan dilaksanakan di (dua) lokasi dikecamatan Palu Selatan tepatnya di Jalan Moh Yamin dan Jalan Basuki Rahmat Kota Palu. Tim gabungan ini dipimpin Langsung Kapolsek Palu Selatan AKP Dade Abdullah, S.H. bersama Danramil Palu Selatan Kapten Inf. Moh Rizal.

Karena selain melakukan operasi penerapan Prokes di jalan raya, para petugas ini juga menghimbau para pengendara sepeda motor dan pengendara mobil agar selalu mematuhi protokol kesehatan covid 19 dengan tetap memakai masker pada saat berkendara.
Bahkan tim Satgas Covid ini, tak segan-segan memberikan teguran secara humanis kepada pengendara pelanggar Covid 19 yang tidak memakai masker. Selain itu, Mendata pengendara yang melanggar protokol kesehatan Covid serta memberikan Masker gratis kepada pengendara Motor yang tidak memakai masker sebagai langkah pencegahan Covid 19.

Secara terpisah, pada kesempatan yang lain, Personel Polres dari Polsek Palu Satuan Sabhara Polres Palu bersama unsur TNI, DISHUB, dan Sat Pol PP yang tergabung dalam tim Satgas Covid 19 melaksanakan kegiatan Operasi Yustisi memberikan himbauan kepada masyarakat tentang Protokol Kesehatan Covid-19 dan memberikan Surat teguran kepada Pengelola yang tidak menjalankan prokes Covid 19.

Pada kesempatan sidak malam itu, Tim Satgas Covid 19 memberikan teguran kepada pihak pengelola Cafe ROPANG yang beralamat di Jl. Tanjung Manimbaya, Palu Selatan.

Surat teguran ini diberikan karena pihakcafe dianggap telah melakukan pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 yakniTidak mengatur jarak kursi pengunjung dan tidak melakukan pembatasan/Kapasitas jumlah pengunjung sesuai yang dipersyaratkan dalam surat edaran Gubernur Sulteng yaitu minimal 50%-75% dari kapasitas sebenarnya.
Tidak melakukan pemeriksaan Rapid Tes secara berkala kepada karyawan dan
Tidak menyiapkan Pamphlet, Banner/Poster mengenai pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Pada sidak ops kali ini, ada beberapa cafe yang terkena sanksi atas pelanggaran prokes Covid 19. Selain cafe Ropang, sanksi berupa surat teguran diberikan kepada pengelola Cafe PINTPOINT di Jl. Gatot Subroto dan Cafe YULA di Jl. Bali.

Surat teguran yang berupa sanksi atas pelanggaran terhadap prokes covid 19 ini diberikan kepada para pelaku usaha, diharapkan bisa dipatuhi dengan melakukan perbaikan atas pelanggaran yang telah dilakukan. (*nila)

Komentar

News Feed