oleh

Tindak Kekerasan Terhadap Guru di Morowali, PGRI Sulteng Minta Pelaku Segera Ditangkap & Diproses

Ketua Umum PGRI Sulteng, Syam Zaeni, S.Pd.M.Si

SULTENGMEMBANGUN.COM, PALU – Dunia Pendidikan kembali mengalami tindak kekerasan, hal ini terjadi terhadap seorang guru di desa Labota Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Ketua PGRI Provinsi Sulawesi Tengah, Syam Zaini, S.Pd.,M.Si menyampaikan bahwa kejadian miris yang terjadi pada Selasa, 8 Maret 2022, yang menimpa seorang guru (wanita) pada saat dia sedang memberikan pelajaran kepada anak didiknya di dalam ruang kelas.

Dan tindak kekerasan itu telah dilaporkan ke Polsek Bahodopi dengan Surat Tanda Bukti Lapor Nomor: STPL/63.a/III/2022/Sek.Bahodopi tertanggal 8 Maret 2022.

” Kami dari PGRI Sulteng mengutuk tindak kekerasan terhadap guru, dan meminta aparat penegak huk untuk menindak tegas si pelaku. Dan berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi pada guru,” tandas Syam Zaeni yang juga adalah Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Palu.

Olehnya itu, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Tengah sebagai wadah berhimpunnya para guru menyatakan sikap :

1. Menyesalkan dan mengutuk kejadian tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap seorang guru, yang saat itu sementara melakukan tugas keprofesiannya didalam kelas.

BACA JUGA  Dibutuhkan Sinergi Program dalam Menimplementasikan Program KKBPK di Daerah

2. Meminta kepada pihak berwajib, dalam hal ini Polsek Bahodopi kab Morowali agar mengusut tuntas kejadian tersebut, dan memproses sesuai hukum yang berlaku terhadap si pelaku kekerasan.

3. Meminta Kepada Pemerintah Provinsi/kab/kota, malalui DPRD agar membuat PERDA tentang Perlindungan Guru.

4. Meminta kepada Dinas Pemerintah kab Morowali, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan perlindungan dan Anak kab Morowali agar mendampingi korban (guru perempuan) di dalam proses hukumnya.

5. Meminta kepada semua guru anggota PGRI untuk selalu menyampaikan aspirasi secara santun dan bermartabat, tetap pada koridor Soliditas dan Solidaritas.

6. PGRI Sulawesi Tengah, malalui LKBH PGRI Prov SulTeng akan mendampingi kejadian tindakan kekerasan yang menimpa guru anggota PGRI yang menjadi korban tersebut.

Semoga dunia pendidikan, guru yang notabene sebagai garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa mendapatkan perhatian dan perlindungan yang serius dari semua pihak.(*NL)

Komentar