oleh

Tiba di Palu, Sebanyak 11 ribu Dosis Vaksin Sinovac Siap Dibawa ke ruang Instalasi Farmasi Dinkes Sulteng

Tampak petugas mengawal mobil box yang membawa vaksin COVID-19 Sinovac dari Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri menuju ke ruang Instalasi Farmasi Dinkes Sulteng, Selasa 5 Januari 2021. (F-ist)

PALU, SM. Com – Sebanyak 11 ribu dosis Vaksin Sinovac tiba di Kota Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan tina di Bandara Mutiara Palu Sis Aldjufri Palu mendapat pengawalan ketat oleh aparat kepolisian dari Polda Sulteng, Selasa 5 Januari 2021.
Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah menerima kedatangan vaksin Sinovac yang dikirim pemerintah langsung dari Biofarma di Bandung, Jawa Barat sebanyak 11.000 dosis.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng dr. I Komang Adi Sujendra menerangkan vaksin tersebut akan diberikan atau disuntikkan bagi para tenaga kesehatan (nakes) terutama nakes yang ada di Kota Palu.
Berdasarkan data yang ada, jumlah nakes di Palu yang siap untuk divaksin tercatat sebanyak 22.116 orang tenaga kesehatan. Dan ini menjadi prioritas diawal pemberian vaksin yang terdistribusi pada tahap pertama. Kenapa demikian, kata dr. I Komang bahwa Palu merupakan daerah yang tertinggi untuk kasus Covid-19.
” Keputusan itu diambil berdasarkan berbagai pertimbangan, salah satunya karena Kota Palu merupakan ibu kota Provinsi Sulteng, pusat pemerintahan dan menjadi daerah dengan tingkat kasus COVID-19 tertinggi di Sulteng,” jelas dr. I Komang, yang ditemui Selasa, 5 Januari 2021.
Karena terkait masih terbatasnya jumlah vaksin yang tiba di Palu, Sulawesi Tengah sehingga tidak semua bisa diberi vaksin untuk tahap pertama ini,” jelasnya.

BACA JUGA  Peran & Dukungan Lembaga Internasional dalam Mempercepat Pemulihan Dampak Bencana

Kata Kadinkes Sulteng, dr.I Komang, Pihaknya harus memilih para nakes, yang sebelumnya telah didata sebagai penerima vaksin buatan Sinovac, China yang didistribusikan oleh PT. Bio Farma. Jadi vaksinasi dilakukan secara bertahap. Tidak sekaligus karena jumlah vaksin yang diberikan terbatas.
Sesuai hasil rapat, rencananya vaksinasi dilakukan pekan depan. Sebanyak 11.000 dosis vaksin COVID-19 bantuan Kementerian Kesehatan yang didistribusikan oleh PT. Bio Farma.
Selain itu, Pemprov Sulteng melalui Dinkes Sulteng telah mendistribusikan sebagian dari 11.000 vaksin Sinovac tersebut ke sejumlah Kabupaten di daerah dengan prioritas bagi daerah yang tertinggi kasus covid-19 seperti Palu, Morowali, Banggai, Poso dan Parigi Moutong.
Dan untuk proses pendistribusian vaksin covid 19 ini, tetap dilakukan pengawalan secara ketat.
Diapun menambahkan bahwa direncanakan pendistribusian vaksinasi tahap kedua dari pemerintah pusat ke Provinsi Sulawesi Tengah akan dilakukan pada April 2021 mendatang. (nila)

Komentar

News Feed