oleh

Terancam Disclaimer. Akankah Donggala Raih WTP ? Bisa Jadi WDP lagi Karena Isu Job Fit Mengusik Pemeriksaan BPK

Gubernur Sulteng, H.Rusdy Mastura saat melantik Rifani Pakamundi menjadi Pj. Bupati Donggala pada Selasa (16/01/2024) , di ruang polibu kantor Gubernur. (F-ist)

SULTENGMEMBANGUN. COM, DONGGALA – Dalam waktu dekat ini Pj Bupati Donggala akan melakukan Job Fit. Tentu saja hal ini akan mengganggu konsentrasi para pejabat yang sementara melayani pemeriksaan oleh BPK. Dan bahkan pihak BPK yang sementara melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan keuangan negara, tentu akan merasa terusik dengan hal ini. Sehingga bakal menimbulkan dampak buruk terhadap hasil penilaian BPK.

Jangan sampai opini BPK akan kembali menjadi WDP lagi untuk yang ketiga kalinya. Setelah sudah 2 kali berturut-turut Kabupaten Donggala meraih opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) dari BPK . Atau bisa jadi mendapatkan opini Dissclaimer. Karena sebelumnya ada beberapa catatan penting dari BPK untuk Pemerintah Kabupaten Donggala yang menyebabkan kerugian negara.

Andaikan saja Job Fit ini terus dipaksakan oleh Pj.Bupati Donggala, bisa dipastikan job fit atau mutasi pejabat ini membuat para pejabat terkait akan lepas tangan dengan pemeriksaan keuangan oleh BPK yang masih berlangsung saat ini hingga akhir Maret 2024 dan bahkan akan berlanjut sampai Mei 2024.

BACA JUGA  Wisata Kuliner Vatulemo Gairah Baru Warga Kota

Secara logika pejabat yang baru dilantik pastinya tidak akan bisa menjelaskan terkait penggunaan anggaran di OPD yang baru saja dipimpinnya, bila Job Fit ini terlaksanakan.
Akankah dalam waktu dekat Job Fit ini benar-benar harus dipaksakan? Dan hanya Pj Bupati Donggala yang bisa menjawabnya.

Mengenai hal tersebut, Rifani Pakamundi selaku Pj Bupati Donggala yang dikonfirmasi diwhatsapp mengatakan Job Fit akan dilakukan dan melibatkan tim penilai kinerja termasuk BKD Donggala.

” Job fit…melibatkan tim penilai kinerja termasuk BKD,” jawab Rifani melalui pesan singkatnya.

Masih terkait rencana pelantikan pejabat di Kabupaten Donggala, dilansir dari dpmptsp sulteng prov. go. id, Gubernur Sulawesi Tengah H.Rusdy Mastura yang kala itu pada Selasa (16/01/2024) melantik Rifani Pakamundi menjadi Pj Bupati Donggala dengan tegas menyampaikan dan memberikan pesan kepada Pj. Bupati yang baru dilantik, agar bisa memberikan layanan publik yang lebih baik kepada masyarakat dan menjaga netralitas ASN.

“Sebagai pejabat publik bekerjalah dengan keikhlasan, prioritaskan layanan publik dengan tetap menjaga integritas sebagai seorang pemimpin agar dicintai oleh masyarakatnya,” ujar Rusdy.

BACA JUGA  Perkuat Komitmen & Bersinergi Membangun Kampung KB Guna Menekan Kemiskinan

Kepada Pj Bupati Donggala Gubernur juga menekankan agar Pj Bupati Donggala fokus dalam mewujudkan pembangunan Kota Sunset di Kabupaten Donggala sebagai kawasan wisata kelas dunia serta sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Namun yang diiketahui saat ini, baru sekitar dua bulan menjabat, Pj Bupati Donggala Rifani diduga lagi fokus dengan urusan Job Fit. Hal itu diketahui dengan keberadaan salah seorang dari Staf Ahli yang infonya ditugaskan oleh Pj Bupati untuk menemui kepala-kepala OPD dengan maksud meminta SKP (Sasaran Kerja Pegawai) 2023.

Gubernur tentunya diharap bisa memantau kinerja Pj. Bupati Donggala saat ini guna memastikan apakah pelaksanaan tugasnya sudah sesuai dengan harapan gubernur.

Pergerakan Masif Oknum SR Resahkan Pejabat di Donggala

Dari hasil penelusuran tim media kami di lapangan disejumlah OPD yang ditemui, ada oknum inisial SR yang mengatasnamakan Pj Bupati Donggala berseliwiran dihampir semua OPD dan langsung menemui kepala-kepala OPD meminta DPA semua dinas. Siapa SR ini ??? yang pergerakannya tidak membuat kondusif suasana di pemerintahan Kabupaten Donggala. Dia bukan pejabat dan bukan siapa-siapa namun seolah punya kuasa untuk mencari tahu semua proyek yang ada disetiap dinas. Bahkan diduga SR ini sudah menjual salah satu proyek yang masih dalam tahap proses lelang. Lantas dimana peran Kepala OPD dan Kabid-kabidnya bila diancamkan dengan kalimat “saya orangnya Pj Bupati Donggala” oleh oknum berinisial SR ini. Yang ada meskipun pejabat pastinya akan ketakutan.

BACA JUGA  Kampung KB Berganti Nama Jadi Kampung Berkualitas

Terkait masalah siapa SR ini, saat dikonfirmasi Pj Bupati Donggala Rifani mengatakan hal itu tidak benar.

” Ada lagi ini pak bupati, informasi mengenai org yg nama surya. Apa benar dia orgnya pak bupati. Kabarnya Surya ini bajalan ke dinas2 minta DPA. Apakah informasi ini benar ?,” tanya wartawan.

Rifani selaku Pj Bupati Donggala menjawab ” Tdk benar “.***

Komentar