Tamalaki Sultra Gelar Aksi Mendesak DPRD Kota Kendari Tetapkan Calon Wawali Kota

0
218

Aksi damai yang dilakukan oleh Tamalaki Sultra menuntut ketegasan DPRD Kendari untuk segera menetapkan calon wakil walikota Kendari. (F-ist)

KENDARI, Sultengmembangun. com – Dalam rangka mengisi kekosongan kursi wakil walikota Kendari, Tamalaki Sultra menggelar aksi damai di kantor DPRD Kota Kendari, Selasa (14/5/2019).

Aksi yang digelar oleh Tamalaki Sultra merupakan aksi yang ke empat kalinya. Maksudnya adalah mempertanyakan sejauh mana kinerja DPRD kota Kendari dalam menindaklanjuti surat tuntutan massa aksi yang meminta agar pihak dewan sesegra mungkin dapat melakukan proses penetapan wakil walikota kendari.

“Inilah maksud dari aksi damai yang kami lakukan dan mendesak pihak DPRD Kota Kendari untuk memilih dan menetapkan wakil walikota Kendari adalah kader terbaik dari PAN, ” teriak Songo dengan lantang, korlap Tamalaki Sultra, dalam aksi damainya di halaman kantor DPRD Kendari.

Sebelum menuju ke Kantor DPRD Kendari, massa aksi terlihat melakukan orasi di pelataran lokasi eks MTQ Sultra. Setelah itu massa aksi melakukan longmars menuju ke kantor DPRD Kendari. Disana, massa akso diterima oleh Ketua DPRD Kota Kendari, H. Syamsuddin Rahim, M.Si.

BACA JUGA  Tindaklanjuti Surat Mendagri, Proses Pemeriksaan Anggota DPRD Sulteng, Yahdi Basma dari Terlapor Bakal Jadi Tersangka

Dihadapan massa aksi, Ketua DPRD Kota Kendari, H. Syamsuddin menjelaskan pada massa bbahwa masalah ini sangat urgen
untuk pemerintahan sehingga DPRD Kota Kendari telah membentuk pansus dan menyurati Wali Kota Kendari untuk meneruskan usulan partai politik pengusung,

” Hari ini juga kami menyampaikan surat kedua” pungkas H. Syamsuddin dihadapan massa aksi sembari menambahkan bahwa
pihaknya akan mengusulkan ke Pemerintah Provinsi (Sulawesi tenggara) agar mengambil alih setelah surat DPR (Kota Kendari) tidak ditindak lanjuti selama tiga kali berturut-turut.

Selaku korlap massa aksi, Songo menegaska Tamalaki Sultra siap mengawal proses penetapan Wakil Walikota Kendari, bahkan termasuk mengawal surat kedua DPRD Kota Kendari untuk Wali Kota Kendari, bilamana surat tersebut tetap diabaikan Wali Kota Kendari.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kota Kendari, H.Syamsuddin menjanjikan untuk melayangkan surat ketiga bilamana surat kedua ini tetap tidak ditindaklanjuti Wali Kota Kendari.

Pada saat itu, salah seorang anggota DPRD Kota kendari, Sukarni Ali Madya yang ikut menyambut massa aksi yang mengatasnamakan Tamalaki Sultra menambahkan bahwa Partai Koalisi PKS, PAN, PKB sudah mengusul tapi Wali Kota Kendari tidak meneruskan ke DPR (DPRD Kota Kendari).

BACA JUGA  Gubernur Sulteng : Gunakan Hak Pilih Ciri Warga Negara Taat Aturan

“DPR akan melakukan Interpelasi jika dalam waktu tertentu Surat DPRD tidak ditindak lanjuti Wali Kota Kendari”, tambahnya disambut positif massa dari Tamalaki Sultra.

Secara terpisah, Sulaiman Albamba, salah seorang orator Tamalaki mengatakan bahwa mereka (Tamalaki) akan mendesak DPRD kota kendari menggunakan hak haknya atas nama rakyat sesuai Undang – Undang yang berlaku, pungkasnya dihadapan massa aksi yang kemudian membubarkan diri dengan damai dan meninggalkan kantor DPRD Kota Kendari.(Hardiawan)

REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here