oleh

Status Kebencanaan di Sulteng Butuh Dukungan Negara Luar

Sekdaprov Sulteng, Dr.H.Mohamad Hidayat Lamakarate,M.Si menerima kunjungan Penasehat Senior Shelter dan Pemukiman USAID, Charles A.Setchell (Chuck), bertempat di ruang kerja Sekda. (F-humprov)

PALU, Sultengmembangun. com – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang juga Ketua Pusat Data dan Informasi Bencana Provinsi Sulawesi Tengah Dr.H.Mohamad Hidayat Lamakarate,M.Si menerima kunjungan Penasehat Senior Shelter dan Pemukiman USAID, Charles A.Setchell (Chuck) bertempat di ruangan kerja Sekda Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (2/5/2019).

Charles berkunjung ke Indonesia atas permintaan USAID Indonesia untuk melakukan kajian terkait penanganan bencana di sektor shelter dan menganalisa kesenjangan yang ada di Sulteng dan NTB dan selanjutnya akan memberikan saran kepada USAID tentang potensi dukungan terkait shelter di masa depan.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Sulteng, Hidayat memberikan informasi yang menjadi kebutuhan masyarakat baik itu mengenai kebutuhan Hunian masyarakat dan Banjir Bandang yang terjadi di Sigi, beberapa hari lalu.

Hidayat Lamakarate menyampaikan saat ini masyarakat membutuhkan bisa segera mendapatkan hunian tetap terutama bagi mereka yang rumahnya dinyatakan hilang akibat bencana dan baru ada 1 lembaga yang menyatakan secara resmi membantu hunian tetap yaitu Budha Tzu Chi yang mana desain dari pembangunan hunian tetap menggunakan rekomendasi dari Kementerian PUPR.

BACA JUGA  Dra. Maria Ernawati, MM Resmi Menjabat Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng

Dikatakannya, saat ini pemerintah daerah telah menyiapkan lokasi untuk relokasi antara lain Talise, Duyu dan Pombewe. Dari 6.504 rumah yang dinyatakan hilang, Budha Tzu Chi memberikan dukungan sebanyak 3.000 Unit Hunian Tetap dan masih menyisahkan 3.504 sehingga diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama pemerintah pusat dapat segera merealisasikan janji kebutuhan pembangunan hunian tetap serta mencairkan sisa dana stimulant dan dana santunan, mengingat saat ini status kebencanaan di Provinsi Sulawesi Tengah memasuki masa Rehap Rekon berlaku sejak tanggal 25 April 2019 – 25 April 2021.

Sehubungan dengan lokasi relokasi yang telah disediakan oleh pemerintah daerah, Sekda Provinsi Sulteng menyampaikan kepada Charles A.Setchell (Chuck) bahwa pemerintah daerah juga membutuhkan dukungan bantuan dari lembaga / organisasi jika ada yang bersedia menyediakan kebutuhan hunian tetap seperti yang telah dilakukan oleh Budha Tzu Chi.

Dikesempatan lain Charles A.Setchell (Chuck) menyampaikan dirinya sangat senang berkunjung ke sulawesi tengah apalagi mendapatkan informasi terkait kebencaan yang telah dipaparkan oleh sekretaris daerah prov.sulawesi tengah, selain itu pihaknya juga akan meneruskan informasi tersebut ke lembaga/organisasi untuk dapat memberikan dukungan lainnya.

BACA JUGA  Gubernur Sulteng Resmikan Fasilitas Air Bersih Bantuan Kemensos RI di Poboya

Nampak hadir Kadis Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Biro Administrasi kewilayahan daerah dan Pemerintah Setda Provinsi Sulteng, Sekretaris BPKAD Provinsi Sulteng, IFRC.

REDAKTUR : NILA

Komentar

News Feed