Sinergi Program Kampung KB di Daerah Bencana dalam Membangun & Memandirikan Masyarakat

0
206

Bramanda Garibaldi Noya

PALU, Sultengmembangun.com – Kehadiran Kampung KB ditengah masyarakat, memberikan banyak perubahan positip bagi masyarakat terutama dalam hal menciptakan masyarakat yang kreatip, mandiri dan berdaya saing.
Karena didalam program Kampung KB, ada program pemberdayaan masyarakat. Selain itu ada banyak program lainnya yang bisa disinergikan dengan instansi/lembaga terkait dengan tujuan yang sama yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Olehnya, Program pengembangan kampung KB terus ditingkatkan. Salah satunya dengan melakukan pendekatan lintas sektoral baik di instansi pemerintah maupun di instansi swasta terkait program Kampung KB yang terbukti memberikan dampak positip terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujar Bramanda Garibaldi Noya Kasubbag Humas BKKBN Perwakilan Sulteng, Kamis(14/03/2019).

Sebagaimana diketahui bahwa di Sulawesi Tengah khususnya dibeberapa daerah terdampak bencana pada tragedi 28 September 2018,
telah terjadi gempa bumi, Likuifaksi dan Tsunami. Bencana ini memberikan dampak buruk terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial di masyarakat.

“Disinilah BKKBN Sulteng melalui program unggulannya yaitu Kampung KB, bergerak membangun dan mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dengan tujuan meningkatkan potensi kualitas hidup keluarga khususnya di wilayah terdampak bencana.Kami bekerja sama dengan pihak swasta seperti Medco Foundation yang secara bersama-sama maupun masing-masing saling membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga masyarakat penyintas bencana dengan mengoptimalkan potensi wilayah setempat,” kata Bram sapaan akrabnya Kasubag Humas BKKBN Sulteng.

Kehadiran Kampung KB saat ini khususnya didaerah terdampak bencana sangat mendukung terutama dalam membangun masyarakatnya. Karena masyarakat adalah subyek pembangunan bukan sebagai obyek pembangunan. Masyarakatlah yang pertama dan utama harus dibangun,tandasnya.

Program Kampung KB harus terintegrasi dengan berbagai program pembangunan lainnya.

Dengan demikian kampung KB ini dapat dijadikan sebagai wahana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai macam program yang mengarah pada upaya perubahan sikap, perilaku dan cara berfikir masyarakat ke arah yang lebih baik.(nila)
REDAKTUR : NILAWATI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here