Selama 2018, BNN Kota Palu Ungkap 3 Kasus Narkoba dari 3 Jaringan Sindikat Besar

0
251

Kepala BNN Kota Palu, AKBP Abire Nusu didampingi para kepala seksi melakukan release terkait pengungkapan kasus tindak pidana korupsi di wilayah kerja BNN Kota Palu. (foto:nila)
PALU – Selama tahun 2018, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu telah mengungkap sebanyak 3 kasus narkotik/prekursor yang melibatkan 7 orang tersangka. Sementara jumlah barang bukti yang disita berupa shabu sebanyak 22,9 gram dan 7 unit handphone. Selain itu BNN Kota Palu juga berhasil mengindentifikasi 3 jaringan sindikat narkoba. Sebagaimana direles oleh Kepala BNN Kota Palu, AKBP Abire Nusu, pada pressconfrence pengungkapan kasus tindak pidana narkotika BNN Kota Palu, Kamis (27/12/2018), di Tanaris Coffe.
Dikatakan Abire, sebenarnya ada 6 kasus yang diungkap oleh pihak BNN Kota Palu, tapi 3 kasus lainnya dilimpahkan ke BNN Provinsi Sulawesi Tengah. ” Di tahun 2018 ini ada 6 kasus yang berhasil diungkap BNN Kota namun 3 kasus lainnya dilimpahkan ke BNN Provinsi untuk tindak lanjut penyidikannya,” jelas Abire.
Terkait upaya pencegahan, Pihak BNN Kota Palu terus bersinergi mulai dari tingkat RT/RW, dan Pemerintah Kota Palu melalui program BerSiNar (Bersih dari Narkoba). Selain itu, pihak BNN Kota Palu juga secara intens terus melaksanakan kampanye stop narkoba di kalangan masyarakat termasuk diantaranya menghadirkan relawan anti narkoba sebanyak 80 orang dan satgas anti narkoba.
Bahkan dalam upaya pemberantasan, BNN Kota Palu juga telah mengidentifikasi 3 lokasi kawasan rawan narkoba yang ada di wilayah perkotaan.
“Kami terus meningkatkan koordinasi dengan masyarakat dalam rangka mendayagunakan peran serta masyarakat guna menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba baik itu dari sosialisasi bahaya narkoba maupun pelaksanaan tes urine yang dilakukan di kelompok masyarakat, kelompok pendidikan, instansi pemerintah dan instansi swasta,” kata Abire sembari mengatakan bahwa di tahun 2018 ini BNN Kota Palu telah melakukan tes urine sebanyak 4 kali dengan peserta sebanyak 141 orang. Karena itu, di tahun 2018 ini, kinerja BNN Kota Palu sudah semakin lebih baik. Hal ini dibuktikan dari dua pengungkapan kasus yang ditargetkan untuk BNN Kota Palu, namun yang berhasil diungkap malah ada 6 kasus tetapi 3 kasus lainnya dilimpahkan kepada BNN Provinsi Sulawesi Tengah.
Sementara dari sisi kerjasama khusus untuk rehabilitasi, BNN Kota Palu telah menjalin kerjasama dengan klinik pratama sangurara.
REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here