Sekprov : Mulai Pekan ini Seluruh Warga Kota Palu Harus Melakukan Rapid Tes

0
899

Sekdaprov Sulteng memimpin rapat bersama terkait penanganan covid 19 dan bencana alam di Sulteng.(F-ist)

Kota Palu, Buol dan Toli-Toli Masuk Kategori Transmisi Lokal Penyebaran Virus Corona.

PALU, Sultengmembangun.com – Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si. selaku Ketua Harian Gugus Covid-19 , Memastikan Langkah Langkah Penanganan Penanggulangan Covid-19 dan Bencana Alam di Sulteng. Hal itu disampaikan dalam rapat dengan Kepala Dinas Kesehatan dr. Reny Lamadjido, Sp.PK, M.Kes, dan Kalak BPBD Provinsi Dr. Bartholomeus Tandigala , CES. Rapat berlangsung di Ruker Sekda Prov. Selasa (26 Mei 2020).

Pada Kesempatan Itu , Kadis Kesehatan Provinsi dr. Reny Lamadjido, Sp.PK , M.Kes . Menyampaikan langkah langkah penanganan penagulangan Covid -19 di Provinsi Sulawesi Tengah , seperti penanganan pasien Positip COVID-19 di kabupaten dan Kota se- Provinsi Sulawesi Tengah .


Mengingat ada beberapa daerah di sulawesi Tengah seperti Poso , Kota Palu dan Buol sudah masuk kategori daerah penyebaran dalam transmisi lokal.

Sejalan dengan hal itu, kemajuan percepatan kesembuhan pasien Covid -19. Dimana saat ini ditangani secara intens oleh Dinas Kesehatan Provinsi dengan mendorong Dinas kesehatan Kabupaten dan Kota untuk melakukan Rapid  tes terutama khusus untuk daerah sebanyak 90 Buol dan 80 orang dari Kabupaten Toli Toli yang saat ini melakukan Rapid tes.

BACA JUGA  Polres Banggai Ungkap Keterlibatan Personil Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

” Ini yang terus kami dorong agar masyarakat secara mandiri datang memeriksakan diri dengan melakukan rapid tes ke tim medis. Mengingat dua kabupaten ini terbanyak penularan virus corona,” kata dr Reny.

Sementara itu, terkait dengan bencana alam yang terjadi di Sulteng, Kalak BPBD Provinsi Ir. Bartholomeus Tandigala CES, menyampaikan bahwa Bencana Alam Banjir sudah tertangani dengan baik dan dipastikan kehadiran Pemerintah Pronvisi hadir disana .

” Untuk penanganan para korban bencana, BPBD sulteng tetap berupaya untuk secepatnya hadir dan memberikan bantuan serta pertolongan kepada masyarakat yang terdampak bencana,” kata Bartho.

Menanggapi hal tersebut diatas, Sekdaprov Sulteng Dr. Hidayat Lamakarate, M.Si. menyampaikan bahwa langkah – langkah yang sudah dilakukan oleh dinas terkait sudah sangat baik. Namun demikian perlu ada yang lebih cepat lagi dalam menangani masalah tersebut.

Sekda mengusulkan agar Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Sulteng bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid Kota Palu akan melakukan Rapid Tes Secara Massal di Kota Palu. Demikian halnya dapat juga dilakukan untuk di daerah kabupaten yang dianggap sudah menjadi zona merah penyebaran covod 19.

BACA JUGA  Baliho Kemenangan Prabowo - Sandi Terpajang Megah

” Saya harap agar kepala dinas kesehatan provinsi selaku wakil sekretaris Gugus Tugas Covid segera mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik. Dan Kita Harus pastikan minggu ini kita sudah lakukan Rapid Tes di Kata Palu,” tandas Hidayat sembari menambahkan agar dinas kesehatan bisa memastikan penanganan Pasien di Buol dan Toli Toli  dapat berjalan dengan baik dan mempercepat  hasil rapid tes yang dilakukan didaerah tersebut .

Dan untuk hasil rapid tes Positip di Kabupaten Balut segera dilakukan swab untuk dikirim ke provinsi dengan harapan kita dapat pastikan apakah yang bersangkutan positip Covid -19.

” Jangan hal ini dibiarkan menunggu sampai lama mengingat dampak sosialnya bagi masyarakat didaerah tersebut,” ujar Hidayat.

Terkait dengan penanganan bencana alam, diharap agar Kalak BPBD dapat memastikan penanganan bercana sudah tertangani dengan baik , pastikan Pemerintah hadir kalau terjadi bercana .

” Pada kesempatan ini, saya ucapan terimakasih kepada petugas medis dan non medis yang telah berbuat baik dalam menangani bercana alam dan non alam di Sulawesi Tengah,” kata Hidayat menutup rapat.(hms*nila)

BACA JUGA  Desentralisasi Pendidikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here