Sebaran Isu Hoax Gempa Bumi dan Tsunami di Donggala, Resahkan Masyarakat

0
626

Penyerahan data reles BMKG, usai melaksanakan rapat yang diadakan oleh Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulawesi Tengah mengundang BMKG untuk memberikan penjelasan ke masyarakat terkait penyebaran isu akan terjadinya gempa bumi dan tsunami di Desa Sirenja Kabupaten Donggala.(F-nila)

Diskominfo Sulteng Gandeng BMKG Menjawab Keresahan Masyarakat
PALU, Sultengmembangun. com – Menyikapi adanya isu akan terjadi gempa bumi di wilayah Kabupaten Donggala tepatnya di Desa Sirenja, pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini melalui Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulawesi Tengah melakukan rapat dadakan dengan pihak BMKG. Hal ini diharapkan dapat meredam adanya kepanikan masyarakat di Desa Sirenja, yang informasinya sudah ada warga di desa itu mengungsi ke tempat yang dianggap lebih aman.

Rapat dipimpin Kadis Kominfo diwakili Hasim WA, Kepala Bidang Pengelolaan informasi dan saluran komunikasi publik Kominfo Sulteng, Senin (2/9/2019), berlangsung di ruang rapat kantor Diskominfo Provinsi.

Dalam rapat tersebut, membahas beberapa hal penting terutama mengenai isu bahwasanya akan terjadi gempa bumi di desa Sirenja, yang berkembang di masyarakat. Dan isu tersebut konon kabarnya disampaikan oleh kemunculan seorang nenek tua, yang datang menyampaikan pesan kepada anak cucunya, meminta mereka untuk lebih waspada akan adanya gempa bumi yang disertai tsunami.

Rapat bersama diskominfo sulteng dengan BMKG

Tentunya menyikapi hal tersebut, BMKG berkewajiban untuk memberikan penjelasan soal isu yang lagi ramai disebarkan di medsos.

BACA JUGA  Partisipasi Pemilih Butuh Kualitas dan Kesadaran

“Melalui pertemuan ini, kita harapkan BMKG akan menjawab hal itu. Terutama mengenai isu yang saat ini merebak di masyarakat tepatnya di desa Sirenja. Mengingat masyarakat kita masih sebagian meyakini kepercayaan terhadap hal-hal yang berbau mistik. Tentunya kita sebagai aparatur pemerintah mencoba menepis isu tersebut secara ilmiah dan berharap dapat menjawab kegelisahan serta mengurangi kepanikan yang terjadi di masyarakat kita saat ini, ” kata Hasim.

Menanggapi apa yang menjadi tujuan dari rapat kali ini, Pihak BMKG diwakili
Bambang Haryono, Kepala Seksi Observasi BMKG Palu menjelaskan soal isu akan terjadinya gempa bumi yang dikait-kaitkan dengan mistik.
Dalam hal ini, pihaknya meminta kepada masyarakat Sulteng khususnya warga desa Sirenja Kabupaten Donggala agar tetap waspada dan jangan terlalu menanggapi isu secara berlebihan. Karena dikhawatirkan, hal tersebut bisa dijadikan peluang bagi pihak lain untuk memanfaatkan kondisi tersebut.
” Waspada tetap perlu tapi jangan berlebihan Dan sebaiknya masyarakat bila menerima kabar seperti itu, untuk segera mengkonfirmasi ke pihak BMKG,” ujar Bambang.

BACA JUGA  Update Covid 19, Empat Orang PDP Positif di RS Madani Palu

Bahkan kata Bambang, sampai saat ini belum ada institusi manapun yang bisa memprediksi terjadinya gempa bumi. Karena prediksi itu hanya sebatas penelitian dari para peneliti.
Hanya terkadang para peneliti ini juga biasanya mengkaitkannya dengan fenomena alam dan sebagainya. Tapi ini hanya sebatas masih dalam tahapan penelitian belum ada tahapan baku, jelasnya.

Namun demikian, pihak BMKG terus melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang mitigasi. Mengedukasi masyarakat bagaimana cara menghadapi bencana gempa bumi. Mengingat kita ini berada di daerah yang memiliki aktivitas kegempaan serta karakter gempa yang sangat berbeda dengan daerah lain. Intinya kalau di daerah sesar itu gempanya sangat dangkal sehingga kekuatan 3 ataupun 2 SR saja, masyarakat sudah merasakannya.

” Nah disini yang sebenarnya yang harus di bangun di masyarakat adalah bagaimana caranya menghadapi Gempa yang terjadi, bukan yang baru akan di prediksi gempa nya. Dan bila nanti terjadi gempa, apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan diri dari bencana tersebut, ” jelas Bambang yang senantiasa selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat kita agar tidak terlalu berlebihan dalam menanggapi isu yang belum ditahu secara pasti kebenarannya.

BACA JUGA  Rakor Lintas Sektoral, Kapolda: "Eliminir Potensi Gangguan Kamtibmas Jelang Natal & Tahun Baru 2020

Olehnya diminta kepada masyarakat agar kiranya bisa menghubungi BMKG di Hotline 0451- 460197 atau di CS-08114530197.

Hadir pada rapat tersebut para kepala bidang dan kepala seksi Diskominfo Sulteng dan Ketua beserta anggota Komisi Informasi Sulteng.(NP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here