Ribuan Umat Islam Meriahkan Pawai Obor di Parigi Moutong

0
227

Pawai obor diikuti oleh Ribuan umat Islam
dalam menyambut datangnya bulan Muharram, salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. (F-nila)

PARIMO, Sultengmembangun. com- Dalam rangka menyambut 1 Muharram 1441 Hijriyah, Dinas Pendididikan Kabupaten Parigi Moutong mengadakan pawai obor, dengan long mars dari Depan Taman Toraranga menuju ke Masjid..

Pada kegiatan pawai obor kali ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong bekerjasama dengan panitia Masjid Darrusalam mengamanahkan kepada Satuan Pendidikan Tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sebagai koordinator penyelenggara kegiatan pawai obor tahun ini.

Peserta pawai obor dari TK Alkhaerat Parimo

Sehingga diarahkan semua TK di Kabupaten Parigi Moutong untuk berpartisipasi memeriahkan aksi pawai obor, sebagai salah satu tradisi masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong dalam merayakan hari raya besar umat Islam.

Dari pantauan media ini, Sabtu malam(31/8/2019), tampak antusias anak-anak TK mengikuti kegiatan pawai obor ini. Dan tak kalah antusiasnya para orang tua, bapak/ibu yang turut serta mendampingi putera puterinya dengan berjalan kaki menempuh perjalanan dari Taman Toraranga menuju ke Masjid Darrusalam.

BACA JUGA  Rayakan Hari Lalampa Se-Sulteng, Masyarakat Disilahkan Makan Sampai Puas

1 Muharram menjadi salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. ” Usai melakukan pawai obor, dilanjut dengan sholat isya berjamaah dan zikir bersama, ” ujar Ustad Kamaluddin, imam masjid Darrusalam.

Biasanyan untuk menyambut tahun baru 1 Muharram, umat Islam dianjurkan melakukan beberapa amalan.

Berdasarkan kalender Islam, 1 Muharram jatuh pada Minggu, hari ini. Muharram menjadi bulan pertama dalam perhitungan tahun Hijriyah.Dan Muharram menjadi salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Kenapa Muharram disebut bulan yang suci. Perlu diketahui bajwa di dalam agama Islam, terdapat empat bulan haram diluar Ramadhan yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Keempat bulan tersebut dijelaskan di dalam sabdi Nabi Muhammad SAW berikut ini:

” Di bulan mulia ini, larangan untuk melakukan perbuatan dosa lebih ditekankan dibanding bulan lain.Hal ini tak lain karena begitu mulianya bulan Muharram.

Umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan untuk memperbanyak pahala.
Bulan Muharram menjadi bulan yang benar-benar istimewa dan disebut dengan syahrullah atau bulan Allah. Di bulan Muharram ini umat islam diwajibkan memperbanyak amal shaleh, bertaubat, Bersedekah dan Sholat berjamaah.( NIL)

BACA JUGA  Gubernur Ajak Warga Sigi tetap Solid dan Menjaga Ukhuwah Islamiyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here