oleh

Remaja di Buol Komitmen Tidak Menikah Muda


Pengukuhan Duta GenRe di Kabupaten Buol.(F-hms)


BUOL, Sultengmembangun.com – Hampir sebagian besar remaja dari berbagai pusat informasi dan konseling remaja (PIK-Remaja) di Kabupaten Buol sepakat untuk tidak menikah dini. Komitmen tersebut disampaikan pada pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Kabupaten Buol, yang dirangkaikan dengan penobatan Wakil Bupati Buol, Abdullah Batalipu sebagai Ayah GenRe.

Komitmen para remaja ini patut diapresiasi. Tentunya ini merupakan upaya dan kerja keras Dinas Kesehatan, Pengendaian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabuparen Buol dalam mendukung program GenRe.

” Saya tidak menyangka bahwa banyak remaja Buol yang mau menjadi pengurus Forum GenRe,” ujar Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja (Subbid BKR) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah, Latifah A. Djibran, MM.

Pengukuhan Forum GenRe di Buol merupakan forum GenRe yang terbanyak dalam jumlah peserta. Sebelumnya, Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah telah mengukuhkan Forum GenRe Provinsi Sulawesi Tengah, Forum GenRe Kabupaten Tojo Unauna, Forum GenRe Kabupaten Poso, dan kabupaten lainnya.
Sementara mengenai program Ayah GenRe Buol, merupakan kabupaten ke-10 yang telah mempunyai Ayah/Bunda GenRe.
Sebelumnya telah dikukuhkan Ayah/Bunda GenRe antara lain Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Unauna, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Morowali Utara.

“Komitmen para remaja ini menandakan bahwa remaja di Buol tidak menghendaki adanya pernikahan dini,” ujar Latifah.

Ada tiga masalah utama yang dihadapi remaja yaitu masalah nikah muda, seks pranikah, dan napza.
“Ini yang menjadi fokus BKKBN melalui program GenRe. Ketiga isu tersebut adalah problematika remaja yang harus bersama-sama kita perangi. Belum lagi tantangan masa depan yang kian berat. Remaja dituntut untuk mampu bersaing untuk tetap eksis di era revolusi industri 4.0,” kata Latifah.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan Pengukuhan Ayah GenRe Buol oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk La Ode Dia, MAPS yang mewakili Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah.

La Ode menyampaikan terima kasih dan dukungan Pemerintah Daerah Buol atas program kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) khususnya program GenRe.

“Terima kasih kami haturkan kepada bapak wakil bupati atas perkenanya untuk dikukuhkan sebagai Ayah Genre. Ini menjadi bukti nyata bahwa bapak wakil bupati sangat peduli kepada remaja,” ujar La Ode.

Dia menilai, Prestasi remaja di Buol cukup baik. Buktinya, Kabupaten Buol pernah meraih terbaik 1 GenRe Award Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah untuk kategori pusat informasi dan konseling remaja (PIK R) terbaik melalui PIK R Harmoni Sman 1 Biau pada tahun 2018 dan pada tahun 2019, remaja Buol terpilih sebagai Duta GenRe Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019, yang akan mewakili Sulawesi Tengah pada pemilihan Duta GenRe Tingkat Nasional di Jakarta pada November mendatang.

“Saya percaya bahwa semakin dekat pemimpin dengan remaja maka akan semakin mudah menangani masalah remaja seperti persoalan kawin muda, remaja yang sudah mempunyai anak, kehamilan yang tidak diinginkan dan persoalan lainnya yang dialami remaja,” tandasnya.(Nila)

BACA JUGA  Pasien Covid 19 di RS Anutapura Meninggal, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang

Komentar

News Feed