oleh

Rachmansyah Berpeluang Damping Cudy di Pilkada 2024?

Gubernur Rusdy Mastura dan Pj Bupati Morowali Rachmansyah Ismail

SULTENGMEMBANGUN.COM, PALU – Pemilihan legislatif dan presiden – wakil Presiden telah berlalu 2 hari lalu, tepatnya 14 Februari 2024. Sementara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 juga segera dimulakan.

Rusdy Mastura Gubernur Sulawesi Tengah dipastikan akan maju lagi sebagai incumbent. Lalu siapa kah bakal pendampingnya?

Apakah masih tetap berpasangan dengan Ma’mun Amir ataukah tokoh politik dan birokrasi lainnya?

Secara geopolitik pasangan Rusdy Mastura -Ma’mun Amir dengan tagline Rumah terbukti mampu memenangkan Pilkad 2020 Vs Hidayat Lamakarate – Bartholomeos Tandigala.

Selain Ma’mun muncul nama baru dari wilayah Timur yang berpeluang dampingi Rusdy Mastura yakni Ir.Rachmansyah Ismail,M.Agr dan Amirudin Tamoreka.

Rachmansyah adalah penjabat bupati Morowali yang juga kepala dinas energi sumber daya mineral (ESDM). Dan Amirudin bupati definitif Luwuk Banggai.

Sedangakan calon penantangnya adalah Anwar Hafit berpasangan dengan Renny A Lamadjido. Kemudian Hidayat Lamakarate belum ada pasangan dan Moh.Irwan Lapatta juga belum ada pasangan.

BACA JUGA  Wapres : KAHMI Ikut Andil Membangun Bangsa

Moh.Irwan Lapatta yang saat ini menjabat bupati definitif kabupaten Sigi didukung oleh Partai Golkar, Anwar Hafid – Renny A Lamadjido sudah pasati didukung Partai Demokrat yang bisa saja berkoalisi dengan Partai PKB, sebab Renny adalah kader Partai PKB.

Sementara Hidayat Lamakarate walau kadet partai gerindra, tapi kemungkinan didukung Partai Nasdem jika Hj. Nilam Sari Lawira tidak maju. Karena lolos ke DPR RI. Atau jadi manteri jika Anies – Muhaimin terpilih jadi presiden RI ke 8 tahun 2024 ini.

Walau Rusdy Mastura yang akrab disapa Cudy itu belum tegas menyatakan akan maju periode kedua gubernur sulteng, namun sejumlah pihak memprediksi Cudy akan maju lagi, sebab kondisi kesehatannya sudah pulih kembali dan dayat ingatnya semakin kuat.

Cudy kemungkinan diusung Partai Gerindra pada Pilgub 2024, karena secara garis partai sudah menjadi bagian dari partai besutan Prabowo Subianto itu.

Namun jika Cudy tidak maju dan memilih menjadi negarawan, panutan rakyat sulteng dan mendukung semua bakal calon muda yang ada seperti Anwar Hafid, Hidayat Lamakarate, Moh.Irwan Lapatta dan Rachmansyah, maka Pilkada 2024 tanpa Cudy akan seru dengan kontestasi para tokoh muda. ***

BACA JUGA  Gubernur Apresiasi Nakes Lakukan Proses Persalinan Ibu Lansia Ditengah Laut

Komentar