Progress Penanggulangan Covid-19 di Sulteng, Sekdaprov Minta Jaminan Aturan dari Kemendagri terkait Realokasi APBD

0
206

Mewakili Gubernur, Sekdaprov Sulteng Dr. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si mengikuti rapat virtual dengan Kemendagri.(F-humasprov)

PALU, SM – Dalam rangka koordinasi pencegahan covid-19 di daerah, Kemendagri menggelar rapat virtual dengan pemda provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia pada Jum’at (3/4/2020).

Dalam rapat virtual tersebut, dari Provinsi Sulawesi Tengah, diwakili Sekda Dr. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si merangkap Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kepada Dirjen Otda Drs. Akmal Malik, M.Si yang memimpin rapat virtual kali ini, melaporkan 3 hal penting sebagai bentuk dukungan dari Kemendagri dalam upaya penanganan covid 19 di wilayah Sulawesi Tengah.

Selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sulteng, Hidayat mengharapkan agar pihak kemendagri memberi jaminan aturan atas kebijakan pemda yang telah melaksanakan refocusing kegiatan dan realokasi APBD Tahun 2020 untuk penanganan covid-19.

Sebab dari pengalaman bencana 2018, kata Hidayat, meski status daerah sudah ditetapkan darurat akan tetapi pemeriksaan anggaran-anggaran yang dimanfaatkan waktu itu masih mengacu pada kondisi normal atau tidak ada bencana.

BACA JUGA  Di Buol, Program Ayah/Ibu GenRe Masuk Desa

Hal kedua, Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si telah memangkas 50 persen anggaran perjalanan dinas di semua OPD provinsi Sulawesi Tengah sehingga terkumpul dana percepatan penanganan covid-19 sebesar 100 Miliar Rupiah.

” Dana itu akan disalurkan secara proporsional untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan ketahanan pangan dalam beberapa bulan kedepan, selama masa tanggap bencana penanganan covid 19 di Sulteng,” paparnya.

Hal lainnya, yang harus diketahui oleh pihak Kemendagri bahwa Pemda Provinsi Sulteng , akan mencadangkan bahan-bahan kebutuhan pokok diluar wewenang Bulog seperti daging untuk disimpan dalam cold storage (lemari pendingin).

“Ini untuk menjaga jika kedepan penyebaran (covid-19) terus meluas. Dan ini langkah antisipasi yang akan dilakukan oleh Pemprov Sulteng,” kata Hidayat sembari mengatakan bahwa pihak Pemprov Sulteng tetap menjalankan aturan sesuai petunjuk dari
kemendagri dalam rangka mempercepat penanganan covid-19. (Nil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here