Program KB Paling Efektif dalam Menekan Laju Pertumbuhan Penduduk

0
206

Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc. Dip.Com

PALU, Sultengmembangun. com – Berbagai upaya telah dilakukan BKKBN Sulteng dalam menekan laju pertumbuhan penduduk. Salah satunya dengan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ditingkat Provinsi Sulawesi Tengah, terkait dalam mengimplementasikan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).

Rakerda ini diharapkan dapat menghasilkan program kerja terpadu dalam mewujudkan keluarga berkualitas, sehat dan sejahtera serta berdaya saing, ujar Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com, Plt. Deputi Bidang Pengendalian Penduduk, pada rakerda KKBPK Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dibuka Asisten I Bidang Administrasi, Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Ir. Moh. Faisal Mang MM, Kamis (28/3/2019), di Hotel Santika Palu.

Rakerda KKBPK dihadiri Plt. Kepala BKKBN Sulteng, Tenny C. Soriton dan Wakil Bupati Sigi, Paulina serta OPD Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten/Kota, Mitra kerja, instansi, lembaga, atau organisasi
Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Fungsional Khusus dan Fungsional Umum di Lingkungan Perwakilan BKKBN Sulteng termasuk penyuluh Keluarga Berencana.

Terkait dengan masalah Kependudukan dan Keluarga Berencana, program ini lebih mengarah pada upaya pengendalian penduduk yang dikenal dengan Program KB.
Program KB ini sangat penting dalam menekan laju pertumbuhan penduduk agar penduduk bisa tumbuh seimbang dengan penyiapan lapangan kerja.

BACA JUGA  Realisasi Investasi di Sulteng Melampaui Target

“Jika pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan kecukupan sumber daya manusia yang berdaya saing dampaknya akan lebih buruk terhadap pembangunan. Akan menimbulkan masalah sosial dan ekonomi dimasyarakat yang pada gilirannya hal ini turut menghambat proses pembangunan,” tandas Dwi Listyawardani seraya menegaskan bahwa Program KB sangat efektif dalam mengendalikan angka kelahiran. (cr)
REDAKTUR : NIlA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here