POPDA 2019 di Luwuk Doharapkan Melahirkan Atlit Baru

0
89

Sekdaprov Sulteng, Dr. H. Hidayat Lamakarate saat membuka kegoatan POPDA di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai. (F-humas)

BANGGAI, Sultengmembangun.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. H. Hidayat Lamakarate, MSi secara resmi membuka kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sulteng yang di laksanakan di Lapangan Alun-Alun Bumi Mutiara Kota Luwuk, Kabupaten Banggai , Rabu (26/6/2019).

Dari laporan Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng Drs. Irvan Ariyanto, M.Si,

Popda sebagai wadah bagi para pelajar dalam unjuk bakat/kemampuan di bidang olahraga untuk kemudian di seleksi menjadi atlit untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si mewakili gubernur mengucapkan terima kasih pada sentra-sentra olahraga melalui PPLP, PPLPD dan SKO yang sukses membibit atlet pelajar daerah potensial.

Menurutnya atlet pelajar harus bisa membagi waktu berlatih dan waktu belajar dengan baik sebab mengejar prestasi olahraga sama penting dengan mengejar prestasi akademik.

“Karena keduanya sama-sama penting untuk meraih sukses,” Ia ingatkan.

Kepada atlet yang berlaga, Ia minta bermain spartan dengan tetap menjunjung sportivitas.

“Hanya yang terbaik berhak menjadi juara, untuk itu tampil lah semaksimal mungkin,” harapannya.


Ia sebutkan total kontingen kab/kota yang ambil bagian sebanyak 422 orang meliputi atlet, pelatih dan official dengan 4 cabang yang dilomba mulai 25 Juni sampai 3 Juli 2019 yaitu atletik, karate, renang dan voli pasir.

Veneu atau tempat bertanding lanjutnya, atletik di GOR Kilongan, karate di gedung graha pemda, renang di kolam renang bukit inspirasi dan voli di kompleks Kelurahan Kilongan Permai.

Di ajang tsb, satu kabupaten tidak mengirim kontingennya sampai upacara pembukaan dilaksanakan yaitu Morowali.

Wakil Bupati Drs. H. Mustar Labolo mengkhaturkan terima kasih atas penunjukkan Banggai sebagai tuan rumah ajang bergengsi POPDA 2019 sekaligus mengajak peserta membawa pulang gerakan moral Pinasa ke daerah masing-masing.

Pinasa adalah akronim “Pia na sampah ala” atau diIndonesiakan menjadi “Lihat sampah ambil”

“Goalnya (pinasa) hidup bersih dan sehat,” ungkapnya tentang kearifan lokal Suku Saluan yang berbuah 2 kali adipura tsb.

Usai sambutan-sambutan, sejumlah balon dilepas ke udara menandai dimulainya POPDA dan ikut diisi partai eksibisi sepak takraw antara atlet putra Banggai menghadapi atlet putri Sulteng.

Turut hadir di acara, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo yang memimpin langsung kontingen Palu.(Nila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here