oleh

Polres Sigi Gelar Deklarasi, Semua Parpol BerKomitmen Ciptakan Pemilu Damai 2024

Bentuk Komitmen.Bupati Sigi M.Irwan Lapata didampingi Kapolres Sigi, AKBP Reja A. Simanjuntak, Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae,bersama seluruh Ketua Parpol, Ormas dan Tokoh adat, sepakat menjaga pemilu damai 2024.(F.dok.ist)

SULTENGMEMBANGUN.COM, SIGI – Dalam upaya mewujudkan dan menciptakan situasi
Keamanan jelang Pemilu, Polres Sigi mengadakan Deklarasi Pemilu Samai 2024 di wilayah Kabupaten Sigi tepatnya di Taman Taiganja, Kamis (31/08/2023).

Bupati Sigi, saat membubuhi tandatangan sebagai bukti telah menyetujui komitmen deklarasi pemilu damai 2024 di Kabupaten Sigi yang telah ditandatangani oleh semua ketua partai politik.

Deklarasi ini dihadiri langsung Bupati Sigi Moh.Irwan Lapata,S.Sos,MSi, Kapolres Sigi, AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M, H, Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae,S.Sos, MSi Kajari Kab Sigi, Dandim 1306, Ketua KPU Sigi, Ketua Bawaslu Sigi, Kepala Kesbangpol Sigi, Kabinda Sigi, Ketua FkUB Sigi, Ketua Adat dan Ketua Ormas Sigi, Ketua Parpol Kab Sigi, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Kapolres Sigi turut membubuhi tandatangan di papan komitmen deklarasi pemilu damai 2024.

Pada kesempatan itu, Kapolres Sigi, AKBP Reja melalui sambutan Kapolri menyampaikan deklarasi pemilu damai ini merupakan momen penting dalam menjaga kehidupan berdemokrasi dan masyarakat berkesempatan memberikan pilihan sebagai penentu arah kebijakan negara.

BACA JUGA  Sekdaprov Sulteng Buka STQH ke XXV di Morowali Utara

Karena partisipasi aktif masyarakat merupakan pilar utama dalam proses keberhasilan Pemilu. ” Oleh nya itu,
Mari kita jadikan momentum ini dan terlibat langsung penentuanan masa depan negara.Sebab pilihan sangat mempengaruji arah dan kebijakan negara,” ujar AKBP Reja dalam sambutan tertulis Kapolri.

Penandatanganan komitmen dalam menjaga pemilu damai 2024 oleh Ketua Partai Buruh Kabupaten Sigi

​Disisi lain, deklarasi pemilu damai 2024 jadi wadah pemersatu dalam menghapus adanya perbedaan pendapat dan bisa diatasi dengan cara damai. ” Deklarasi pemilu damai 2024 ini, diharap dapat menciptakan stabilitas konflik dan ketegangan yang hanya akan merugikan kita semua. Saya mengajak pada seluruh peserta pemilu damai untuk senantiasa tenang dan menjunjung tinggi etika berpolitik,” himbaunya.

Momen ini sangat penting dalam menghormati nilai demokrasi sekaligus memastikan bahwa proses pemilu bisa berjalan adil, transparan dan bebas dari segala bentuk kecurangan. Pentingnya keamanan dan keharmonisan itu harus dijaga dengan baik. Karena kita merupakan satu bagian yang sama, yang saling menguatkan dalam menjaga keamanan dan ketentraman dalam bermasyarakat terutama bersatu padu menciptakan suasana pemilu yang aman dan damai. Saling menjaga sikap dan saling menghormati,” ujar AKBP Reja mengutip sambutan Kapolri..

BACA JUGA  Sertijab dan Pengukuhan Kaper BKKBN, Gubernur Minta Tenny Sariton Lebih Berprestasi

Karena setiap perbedaan pendapat bisa diatasi dengan cara damai. “Kami mengajak kepada seluruh peserta pemilu 2024 untuk senantiasa menjunjung tinggi hak setiap masyarakat dengan tetap menjaga integritas pemilu. Menjaga situasi agar senantiasa aman dan damai hingga pada proses tahapan pemilu sampai selesai,pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bupati Sigi, Moh Irwan Lapata yang mengajak seluruh masyarakat Sigi bersama pemerintah dan pihak terkait untuk berkolaborasi dalam menjaga integritas pemilu yang aman dan damai.

” Kami terus melakukan kampanye damai di setiap kecamatan dengan harapan pemilu 2024 bisa terlaksana dengan aman dan damai,” harap Bupati Sigi.

Deklarasi damai ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama dalam menciptakan Pemilu Damai 2024 oleh semua Ketua Partai, yang disaksikan oleh Bupati Sigi, Kapolres Sigi dan semua pihak terkait dilanjut dengan foto bersama di depan tugu taiganja. Namun sebelumnya ditandai dengan pembacaan deklarasi pemilu damai 2024 dipandu oleh Ketua KPU Kabupaten Sigi**

Komentar