oleh

Plh. Walikota Palu, Asri : Posko Covid 19 Di Perbatasan Kota Palu, Dihentikan.

Asri, Plh.Walikota Palu(F-dok. Andien)
SULTENGMEMBANGUN.COM , PALU – Sesuai hasil rapat bersama dengan seluruh pihak terkait Covid 19, akhirnya disepakati penghentian kegiatan pos pemeriksaan kesehatan Covid-19 bagi pelaku perjalalanan di semua wilayah perbatasan Kota Palu. Kebijakan i ini mulai berlaku 1 Maret 2021. Demikian inti pembahasan rapat yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palu, Kamis (25/2/2021) di kantor walikota Palu.

Rapat kali ini dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Palu, H Asri, dan dihadiri pejabat yang mewakili Dandim 1306 Donggala Palu serta pejabat mewakili Kapolres Palu.

Asri menjelaskan, sesuai kesepakatan dalam rapat, penghentian kegiatan pos pemeriksaan kesehatan ini dilakukan karena dianggap tidak lagi efektif. Selain karena penyebaran Covid-19 di Palu saat ini sesuai penyelidikan epidemiologi sudah terjadi karena transmisi lokal.

Sebagai gantinya, upaya pengendalian dilakukan dengan memperkuat operasi yustisi penegakan hukum dan penerapan disiplin protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Pemeriksaan pelaku perjalanan di pos lapangan pintu masuk Kota Palu melalui darat dihentikan terhitung mulai tanggal 1 Maret 2021. Karena sudah tidak efektif, dengan pertimbangan bahwa penyebaran virus corona 2019 (Covid 19) saat ini beradasarkan penyelidikan epidemiologi, kasus terkonfirmasi positif yang berasal dari pelaku perjalanan sudah sangat kurang, dan lebih banyak berasal dari transmisi lokal.

BACA JUGA  Jadi Sejarah, Untuk Pertama Kalinya Seluruh Kab/Kota di Sulteng Raih Opini WTP

Namun upaya Pencegahan dan Pengendalian penyebaran Covid 19 di Kota Palu tetap dilakukan melalui peningkatan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan di tempat umum antara lain Pasar, Cafe Hotel, Warkop, Hutan Kota/ tempat wisata, dan kegiatan sosial masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.(NL)

Komentar

News Feed