oleh

PIK R Sekolah dan PIK R Jalur Masyarakat Intens Galakkan Sosialisasi Stunting diKalangan Remaja

Kelompok remaja antusias dalam mwnggalakkan Sosialisasi Stunting terutama yang dilakukan di kelompok PIK R SMA 6 Sigi dan Daikar Palolo.(F-ist)

SULTENGMEMBANGUN.COM, SIGI
– Selain menyediakan ruangan khusus untuk sekretariat pusat informasi dan konseling remaja (PIK R).

Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) 6 Sigi Mirwan M. Dotutinggi sangat mengapresiasi dan akan menyiapkan anggaran pengembangan PIK R melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS).

“ Ini sementara kamkmi bahas dengan pembina PIK R dan kebetulan ibu datang,” ujar Mirwan kepada Subkoordinator Bina Ketahanan Remaja (BKR) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Latifah Awad Djibran di Palolo, Kabupaten Sigi, Kamis (29/4/2021).

Latifah tiba di SMA 6 Sigi didampingi Forum GenRe Sulawesi Tengah dan Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Perwakilan BKKBN Sulteng Ruwayah, Subkoordinator Bidang BKB, Anak, dan Ketahanan Keluarga Lansia Sakkirang, Subkoordinator Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Rahmawati, dan Kepala Seksi Ketahanan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sigi Erna S. Dudu.

BACA JUGA  Pemprov NAD Bantu Pembangunan Masjid Jami Nurul Hasanah Pengawu di Kota Palu

Latifah mengatakan bahwa keberadaan PIK R SMA 6 Sigi memberi warna tersendiri pada program generasi berencana (GenRe). Sebab beberapa anggota PIK R berprestasi dalam beberapa kegiatan GenRe seperti pemilihan duta GenRe dan GenRexplor.

Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Perwakilan BKKBN Sulteng Ruwayah menitip pesan kepada kepala sekolah agar selalu memberikan dukungan kepada PIK R dan pihaknyapun mengucapkan terima kasih atas perhatian kepala sekolah yang sangat mendukung keberadaan PIK R dengan menyediakan sekretariat untuk PIK R.

Usai mengunjungi PIK R SMA 6, rombongan bertolak ke PIK R jalur masyarakat Daikar di Desa Karunia Kecamatan Palolo. Rombongan diterima pembina PIK R Daikar, Dion bersama pengurus PIK R Daikar.

Pada kesempatan ini, Ruwayah juga menyampaikan bahwa Daikar merupakan salah satu PIK R jalur masyarakat yang cukup eksis di Sulawesi Tengah.

” Kami harapkan PIK R Daikar yang merupakan PIK R jalur masyarakat ini bisa menjadi pusat informasi program GenRe, terutama dalam pendewasaan usia perkawinan dan pencegahan stunting,” kata Latifah.

Diapun menambahkan bahwa PIK R Daikar terus berkarya mengembangkan media sosial dan membuat konten-konten menarik untuk mengajak remaja terhindar dari triad kesehatan reproduksi, yaitu pernikahan dini, seks pranikah, dan napza.

BACA JUGA  Generasi Muda Lebih Baik Hidup Sehat Tanpa Narkoba

Sejauh ini diketahui PIK R Daikar aktif dalam berbagai kegiatan baik ditingkat kabupaten maupun provinsi diantaranya pemilihan duta GenRe tingkat Kabupaten Sigi.

“Saya berharap banyak yang ikut ya. Siapa tahu dapat bersaing di tingkat provinsi seperti sebelumnya,” pintanya.

Momen ini juga dimanfaatkan Latifah untuk mengenalkan modul Tentang Kita. Modul ini nantinya akan menjadi pegangan sekaligus panduan bagi remaja GenRe yang punya peran mengedukasi teman sebaya, khususnya terkait masalah reproduksi dan perencanaan masa depan di Pusat Informasi Konseling (PIK).(NL)

Komentar

News Feed