Pertama di Sulteng, Kabupaten Parigi Moutong Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

0
126

Sekdaprov, Dr. H. Hidayat Lamakarate, MSi, bangga atas prestasi yang diraih Pemkab Parigi Moutong sebagai Kabupaten layak anak. F-ist)
PARIGI MOUTONG, Sultengmembangun.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. H Hidayat Lamakarate MSi mengapresiasi keberhasilab Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dalam upayanya meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Pertama di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019. Penghargaan itu disampaikat Hidayat saat mewakili Gubernur Sulawesi Tengah pada Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Parigi Moutong, kali ini bertemakan “Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak. Kita anak indonesia kita gembira”, kegiatan berlangsung di Ruang Taman Hijau (RTH) Toraranga Parigi, Sabtu (3/8/2019).

Dr. H. Hidayat Lamakarate, MSi, mewakili gubernur Sulteng di perayaan Hari Anak Nasional tingkat provinsi. (F-ist)

Penghargaan itu diperoleh, Kata Hidayat, karena salah satu penilaian dimana Kabupaten Parigi Moutong tingkat kepeduliannya terhadap anak dan kaum perempuan sangat luar biasa.
Meriah, anak-anak tampak ceria mengikuti pawai dalam rangka HAN 2019 di Parigi Moutong. (F-ist)

Bahkan saat ini, Parigi Moutong telah memeilki Peraturan Daerah (Perda) Layak Anak sehingga segala ketentuan dan payung hukunya jelas dalam memberikan pemenuhan terhadap hak anak dan kaum perempuan.

Sangat pantas jika pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan seluruh pemerhati anak di wilayah itu memberikan perhatian penuh kepada anak, karena anak merupakan penerus dan pejuang bangsa dalam rangka menjamin secara utuh perkembangan anak.

BACA JUGA  BKKBN Fokuskan FGD Program Pencegahan Pernikahan Anak di Sulteng

“Parigi Moutong sangat luar biasa bisa mengukir prestasi sehingga meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak pertama di Sulteng. Semoga prestasi ini terus dipertahankan. Saya kira ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain,”pungkasnya.

Hidayat mengatakan, Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) mendukung kebijakan layak anak sehingga ada namanya Kota/Kabupaten layak anak dengan tujuan untuk menyesuaikan sistem pembangunan untuk hak layak anak. Kata ia, suara anak meruapakan hak anak yang mencuak hak hidup dan tumbuh kembang anak sehingga perlu perlindungan anak secara Nasional untuk menekan pernikahan dini dan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Hidayat juga mengapresiasi kepada Bupati Parigi Moutong yang peduli terhadap Komunitas Adat Terpencil (KAT). Menurtnya, melalui program KAT maka tidak lagi hidup berpindah pindah.

“Saya salut kepada Bapak Bupati Parigi Moutong begitu peduli terhadap KAT, hanya 3 minggu mereka sudah bisa main gitar, bernyanyi yang kompak. Saya kira ini luar biasa,”tuturnya.

Beliau juga mendukung Pemerintah Parigi Moutong untuk bisa meraih Adipura. Pak Bupati tidak bisa bekerja sendiri, harus dibantu oleh seluruh elemen masyarakat. Kita berdoa Parigi Moutong bisa meraih Adipura tahun 2020.(rislanparimo)

BACA JUGA  Kunker ke Kabupaten Buol, Kaper BKKBN Siap Dukung Pembentukan Lembaga KB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here