Peringati HKN, Bupati Sigi Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Sehat

0
141

Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapata bersama masyarakat merayakan HKN di Lapangan Desa Binangga, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi.(F-ist)

SIGI, Sultengmembangun.com – Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Sigi dihadiri oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan. HKN Tahun 2019 ini adalah HKN yang ke-55 dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Desa Binangga Kecamatan Marawola, kemarin.

Hari Kesehatan Nasional sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Peringatan HKN tingkat Kabupaten Sigi ini disambut dengan beragam rangkaian kegiatan kesehatan diantaranya Sunatan masal, Operasi bibir sumbing, opreasi katarak, pelayanan KB gratis, Donor Darah dan pelayanan kesehatan gratis.

Dalam Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) yang dibacakan Bupati Mohamad Irwan mengatakan, Strategi Pembangunan Kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

BACA JUGA  Razia Jelang Nataru 2020, Polres Palu Tingkatkan Koordinasi drngan Sat Pol PP

Menteri berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di Pusat dan Daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan Generasi Sehat Untuk
Indonesia Unggul”.

Hadir pula pada HKN Kapolres Sigi, kelapa Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala BKKBN, Kepala BPJS, Kepala Prodia, Kepala BPD, Ketua PMI Sulteng, Ketua PMI Sigi, para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Para Tenaga Kesehatan, Tokoh Agama, Perempuan, Masyarakat dan semua unsur yang terlibat di Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Sigi.(Nila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here