Peringati Hari Anti Korupsi, Kajati Sulteng Mengisi Kuliah Umum di Untad

0
198

PALU – Memperingati Hari anti korupsi sedunia 9 Desember 2019, Pihak Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan kuliah umum terkait korupsi dengan tema Melangkah Pasti, cegah dan berantas korupsi.
Kuliah umum kali ini diisi langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Drs.M.Rum, SH.MH, yang berlangsung Jumat (7/12/2018), bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad.
Sebelumnya itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof.Dr.Sutarman Yodo. menilai tema kuliah umum kali ini sangat menarik. Karena didalamnya mengandung maksud yang mulia yang bukan hanya ditujukan kepada pihak penegak hukum tetapi juga kepada aparatur pemerintahan yang melaksanakan tugas didalam pengelolaan keuangan. “Patut disyukuri karena pada kuliah umum kali ini kita mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dalam menuntun kita untuk selalu berbuat jujur terutama bagi aparatur pemerintah dalam mengelola keuangan negara,” kata Sutarman Yodo yang besar harapannya agar ilmu yang diperoleh dari kuliah umum ini bisa diaplikasikan dilingkup kerja masing-masing dalam mewujudkan tujuan pembangunan.
Harapan yang sama juga ditegaskan oleh Kajati Sulteng, M.Rum.
Melangkah pasti dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi, bukan hal yang mudah namun dibutuhkan sebuah langkah pasti dalam melakukan penindakan secara tegas terhadap pelaku korupsi.
Dikatakannya bahwa Provinsi Sulawesi Tengah ini dalam pergerakannya dinilai sangat lamban untuk bangkit. karena kinerja aparat penegak hukum dan aparatur pemerintahnya, belum optimal. Sehingga upaya pencegahan tindak korupsi itu sepertinya masih sangat sulit untuk dilakukan. “Namun bagaimana caranya kita berupaya untuk mencegah terjadinya korupsi.Meski upaya pencegahan itu memang sangat sulit dibanding menindak. Karena itu melalui kesempatan ini, bagaimana caranya kita dapat mencegah terjadinya pelaku korupsi,” tandas Kajati Sulteng, M.Rum yang sangat mengapresiasi kehadiran Bupati Donggala, Kasman Lassa dan Bupati Sigi, Irwan Lapata
“Saya apresias kehadiran para kepala daerah diacara kuliah umum kali ini. Karena ini terkait tugas dan fungsinya dalam menjalankan roda pemerintahan dan terkait dengan anggaran maka materi ini sangat bermanfaat dalam mendukung tugas bapak bupati guna menghindarkan diri dari perilaku korupsi yang terkadang banyak menjebak para pimpinan daerah harus mendekam dibalik jeruji hingga menjadikan negara ini hancur,” pungkasnya.
Beragam macam tindak korupsi, ada penyalahgunaan kekuasaan.ada kekuasaan yang dipercayakan demi keuntungan pribadi.
“Namun dimateri kuliah umum kali ini, kami lebih banyak memberikan himbauan tentang bagaimana cara menindak orang dan bagaimana cara menyidik. Tapi kita disini kami tidak akan menindak selama ini tidak gaduh,” tukasnya.
Sebab dalam menjalankan tugasnya, pihak kejati sulteng tidak ingin adanya kebersinggungan dengan aparatur pemerintah. Makanya diharapkan kepada para penyelenggara negara agar memiliki cita-cita membuat negara ini maju. Selalulah berada dijalur aman.
Karena saya tetap melakukan pengejaran terhadap pelaku korupsi dalam upaya melakukan pengembalian uang negara. Makanya sedapat mungkin saya progresip agar para pelaku korupsi ini dapat ditindak sesuai dengan pelanggaran hukum yang dibuat. Ini pesan saya kepada penyelenggara negara. Makanya kelola keuangan negara dengan baik.
REDAKTUR : NILA

BACA JUGA  Warga Balaroa Dihebohkan Penemuan Tengkorak Mayat di Area Likuifaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here