Peran Remaja dalam Menekan Kuantitas Penduduk

0
256

Peserta seminar kependudukan pasca bencana di Sulteng.(foto:nila)
PALU – Seminar kependudukan
pasca bencana bagi generasi muda yang dilaksanakan oleh Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan peran generasi muda terhadap upaya pengendalian kuantitas penduduk. Sebagaimana disampaikan oleh La Ode Dia, sebagai ketua panitia kegiatan seminar kependudukan pasca bencana di Sulteng, yang diselenggarakan Selasa (26/11/2018), bertempat di Hotel Jazz Palu.
Peningkatan kuantitas penduduk di Indonesia terus meningkat dengan jumlah penduduk saat ini sudah mencapai 264 juta jiwa hingga memposisikan Indonesia pada urutan keempat sebagai negara yang jumlah penduduknya paling besar didunia. Untuk laju pertumbuhan penduduk Indonesia 1,49 persen per tahun ini artinya kita menambah jumlah penduduk 4-5 juta jiwa per tahun.
Tentu saja hal ini menjadi perhatian khusus bagi kita semua dalam mengantisipasi ledakan jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar.
Untuk itulah melalui kegiatan seminar kependudukan ini, diharapkan para generasi muda atau remaja dapat lebih berperan aktip dalam mendukung program pengendalian penduduk. Karena remaja merupakan tongkat kepemimpinan bangsa, tandas Tenny C. Soriton selaku Plh. Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, pada acara seminar kependudukan bagi generasi muda pasca bencana di Sulteng yang diikuti oleh sebanyak 150 orang siswa SMA/SMK se Kota Palu.
Dalam perannya, remaja diminta untuk menjadi generasi yang berkualitas. Salah satunya dengan menghindari perilaku yang beresiko bagi masa depan seperti pergaulan bebas dan pernikahan diusia muda. Remaja juga harus menghindari penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang dalam segala bentuk manifestasinya.
“Pada intinya, generasi yang berkualitas adalah generasi yang dapat mewujudkan bangsa yang berkualitas dengan merencanakan masa depannya sejak dini dengan baik,” ujar Tenny berharap agar para peserta seminar ini dapat menjadi generasi emas yang berkualitas.
REDAKTUR : NILA

BACA JUGA  Tingkatkan Kinerja, Sat Pol PP Sulteng Bersinergi dengan OPD Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here