Pengelolaan APBD Baik, Sulteng Dapat DID Sebesar Rp20,6 Miliar

0
275

PALU – Penyusunan rancangan APBD Sulteng Tahun Anggaran 2019, Tetap mengacu pada kebijakan-kebijakan yang diatur dalam Permendagri No.38 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD T.A. 2019. Karena struktur penyusunan APBD merupakan satu kesatuan yang terdiri dari pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah.

Perlu diketahui bahwa di tahun anggaran 2019 ini, Pemda Provinsi Sulawesi Tengah mendapat tambahan dana transfer yaitu dana insentif daerah (DID) sebesar Rp. 20,6 miliar. Kata Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, berdasarkan peraturan perundang-undangan, dana tersebut diperuntukkan bagi pelayanan dasar publik di bidang kesehatan dan bidang infrastruktur termasuk dibidang perekonomian daerahdan kesejahteraan masyarakat yang didasar atas opini BPK berdasarkan laporan kinerja keuangan daerah serta penyusunan Perda yang tepat waktu setiap tahunnya.

“Dukungan Dana Intensif Daerah (DID) ini merupakan reward atau penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat atas kinerja pemda dalam pengelolaan keuangan daerah, yang dinilai baik berdasarkan opini BPK,” jelas Gubernur Longki Djanggola, pada rapat paripurna penyampaian pidato pengantar Nota keuangan atas rancangan Perda tentang APBD Sulteng Tahun Anggaran 2019, Rabu (21/11/2018), di ruang sidang utama kantor DPRD Sulteng.

BACA JUGA  Gubernur : Kinerja Tim Pusdatina Covid-19 Sulteng Harus Dimaksimalkan

Terkait hal itu, Gubernur Longki menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kinerja dan kerjasama dari semua pihak terkait baik dijajaran legislatif, eksekutif maupun masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah sehingga Sulteng masuk dalam kategori predikat kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah. “Semoga sinergitas ini terus bisa dijaga dengan baik dan bisa lebih ditingkatkan demi memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Sulteng. Karena dengan penambahan DID, kita harapkan Sulteng bisa menjadi lebih baik,” harapnya.(NILA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here