oleh

Pemprov Sulteng Siap Bantu Penyediaan Fasilitas Air Bersih di Huntara

PALU, Sultengmembangun.com – Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Hidayat Lamakarate, M.Si memimpin rapat evaluasi terkait berbagainhal yang selama ini masih menjadi keluhan bagi para korban terdampak bencana yang tinggal.di sejumlah Hunian Sementara (Huntara) yang tersebar dibeberapa titik di wilayah Kota Palu, Sigi dan Donggala. Rapat berlangsung Kamis (21/2/2029), di ruang polibu kantor gubernur Sulteng.

Pada rapat tersebut, Sekdaprov Sulteng Hidayat Lamakarate berupaya semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat pengungsi terkait keluhan masalah air bersih.

“Mari kita bersama mencarikan solusinya terhadap masalaha masih kurangnya penyediaan fasilitas air bersih air dan sanitasi,” kata Hidayat.

Karena berdasarkan data yang ada, pihak PUPR telah membangun 510 Huntara termasuk penyediaan air bersih dan pengadaan listrik. Namun penyediaan air bersih bselama ini belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di huntara,” ungkap Hidayat.

Demikian halnya terhadap kelistrikan di sejumlah huntara, ada masih sekitar 100 unit huntara yang belum memiliki penerangan listrik.

“Terkait masalah ini, kami sudah mengundang pihak PLN dan mereka berjanji menyatakan kesiapannya untuk menyediakan kebutuhan listrik dimaksud,” jelas Hidayat yang juga dalam kapasitas dirinya sebagai ketua PMI Sulteng.

BACA JUGA  Sukseskan Gerakan Three Ends Melalui Peningkatan Peran Kaum Pria

Dikatakannya pula bahwa pasca bencana di Padagimo (Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong), PMI Sulteng juga turut berperan serta dalam hal suplai air bersih kepada masyarakat.

“Pada intinya, kami selaku pemerintah siap memfasilitasi dan mendukung penyediaan air bersih khususnya bagi mereka yang berada di Huntara,” ujar Hidayat dihadapan peserta rapat diantaranya ada dari BPBD, PUPR, NGO, PDAM serta sejumlah OPD dan lembaga terkait lainnya.(hmsprov)

REDAKTUR : NILA

Komentar

News Feed