Pemkab & DPRD Bangkep Sepakat Penuhi Tiga Tuntutan Masyarakat Bulagi Bersaudara

0
203

Dihadapan massa aksi, sekab Bangkep dan Ketua DPRD Bangkep, duduk bersila dihadapan massa aksi demi mendengarkan segala tuntutan yang merupakan aspirasi masyarakat.(F-didi)

BANGKEP, Sultengmembangun.com – Tepat di perayaan HUT ke- 20 Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), barisan Perjuangan Mahasiswa KaMiMo Banggai Bersama masyarakat dari tiga kecamatan termasuk dari Kecamatan Bulagi Bersaudara, Banggai Kepulauan kembali melakukan aksi unjuk rasa, aksi damai yang berlangsung di Simpang Tiga Desa Seasa.

Surat Pernyataan diatas materai enam ribu rupiah, sebagai dasar penguatan atas tuntutan masyarakat di tiga kecamatan termasuk kecamatan Bulagi Bersaudara, Bangkep.(F-ist)

Aksi damai ini dilakukan untuk meminta keterangan pertanggungjawaban DPRD dan Bupati kepada masyarakat Bulagi dan sekitarnya, terkait permasalahan yang menjadi derita masyarakat selama ini yaitu masalah ketersediaan air bersih. Listrik dan jalan.
Ketua DPRD Bangkep dihadapan massa aksi

Aksi yang berlangsung selama sehari penuh, disambut oleh Sekda Kabupaten Bangkep Rusli Moidady, ST.MM didampingi Ketua DPRD Bangkep, Rusdin Sinalin
.
Dalam aksi tersebut, Sekab Bangkep, Rusli Moidady, dihadapan massa aksi mengatakan pihak pemerintah kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) sangat mengapresiasi atas hal-hal yang menjadi tuntutan massa aksi. Bahkan pihaknya berjanji akan memprioritaskannya pada Tahun Anggaran 2020.
Sekab Bangkep

” saya sebagai perwakilan bupati, kepala pemerintahan kabupaten Bangkep, sangat mendukung dan berupaya untuk memperjuangkan apa yang menjadi tuntutan massa aksi. Kami akan mendukung ketersediaan air bersih untuk rakyat di yang ada di 3 kecamatan ini. Saya akan pastikan pelayanan pemerintahan untuk kebutuhan rakyat secara baik dan benar,” ujar Sekab Bangkep, Rusli Moidady yang duduk bersila di tanah tepat dihadapan massa aksi.
Ketua DPRD Bangkep

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPRD Banggai Kepulauan, Rusdin Sinalin.
” Diawal masa kerja DPRD Kabupaten Bangkep, kami akan memprioritaskan program ini yang menjadi kebutuhan utama masyarakat diantaranya program air bersih, penyediaan jalan dan listrik. Dan ini sudah menjadi prioritas pembangunan di 3 wilayah kecamatan termasuk kecamatan bulagi bersaudara,” pungkas Rusdin, yang meminta diberikan kesempatan untuk memenuhi segala tuntutan rakyat.
Karena menurutnya, semua harus sesuai aturan prosedur dan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, pungkasnya.

Usai mendengarkan pernyataan sikap dari Sekab Bangkep dan Ketua DPRD Bangkep, massa aksi mulai tampak tenang. Meskipun sempat dihinggapi mosi tidak percaya lagi terhadap pemerintah didaerah tersebut.

BACA JUGA  DSLNG Hibahkan Rp 2 Miliar Dukung Sulteng Bangkit

Namun karena melihat itikad baik dari pihak pemerintah setempat termasuk dari DPRD, yang bersedia hadir di lokasi berlangsungnya aksi dan menemui massa aksi sehingga massa aksi terpaksa harus melemah dan memberikan kesempatan kendati harus menunggu beberapa bulan lagi hingga semua yang menjadi tuntutan masyarakat bisa segera terealisasi.

Dan pernyataan sikap itu dituangkan dalam penandatanganan komitmen oleh Pihak Pemda dan DPRD Bangkep diatas Surat bermaterai enam ribu rupiah.

Sementara, anggota DPRD Bangkep, Vice Siska Dilangen, juga berjanji akan memperjuangkan aspirasi rakyatnya terutama tentang 3 tuntutan yang memang menjadi prioritas.

” Wajar jika masyarakat sudah bosan menagih janji pemerintah daerah. Karena sudah cukup lama juga masyarakat merasakan kesulitan karena ketidaktersediaan air bersih dan tidak adanya penerangan dari PLN. Ditambah lagi masalah infrastruktur, penyediaan jalan, maka lengkaplah penderitaan masyarakat disini, yang belum merasakan kemerdekaan,” kata Vice Siska Dilangen yang berjanji akan memperjuangkan hal ini di dalam rapat di DPRD.

Vice Sisca Dilangen, Anleg dari PDIP

Sebagai wakil rakyat, yang baru terpilih periode ini, Sriyeni dari Nasdem juga menyampaikan kalau apa yang menjadi tuntutan masyarakat, sudah menjadi pembahasan prioritas di Komisi II.
” Masalah ketersediaan air bersih, masalah listrik dan jalan, sudah menjadi pembahasan utama di komisi II DPRD Bangkep,” jelasnya (didi)

BACA JUGA  Sosok Kerasnya Luluh di Palangka Raya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here