oleh

Pemda Kabupaten Sigi Meraih Penghargaan Anugerah Kencana 2018 Tingkat Nasional

Plt Kepala BKKBN Pusat, dr.Sigit Priohutomo, MPH menyerahkan Penghargaan kepada Bupati Sigi yg diwakili Kadis PPKB Sigi dr.Sofyan malili.(Foto: Ist)

PALU – Dalam menjalankan perannya, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Provinsi Sulawesi Tengah, tidak hanya bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), tetapi juga melakukan langkah-langkah konkrit dalam penyerasian kebijakan dengan program pembangunan di segala bidang, baik aspek kuantitas, kualitas maupun dalam pengarahan penyebaran penduduk sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung yang ada di setiap wilayah.
Tapi kenyataannya, pengelolaan urusan wajib dan konkuren/bersama tentang program KKBPK belum sepenuhnya menjadi program prioritas di provinsi maupun di kabupaten dan kota.
“Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan dukungan/komitmen agar keberhasilan program KKBPK didaerah semakin meningkat, maka BKKBN Pusat memberikan penghargaan kepada pemangku kepentingan (pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan
kota) yang berprestasi dalam pengelolaan program KKBPK berupa Anugerah Kencana Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga,” ujar Plt. Kepala BKKBN Pusat, dr.Sigit Priohutomo, MPH pada malam apresiasi penyerahan Penghargaan Anugerah Kencana yang disiarkan langsung oleh TV CNN Indonesia selama 2 (dua) jam, pada Minggu (23/12/2018).
Sebagaimana yang direles Perwakilan BKKBN Sulteng, menyebutkan bahwa pada penyerahan penghargaan anugerah kencana saat itu, Bupati Sigi diwakili Kadis PPKB Sigi dr.Sofyan Malili.
Diharapkan dengan pemberian penghargaan Anugerah Kencana ini menjadi motivasi dalam meningkatkan peran serta pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam pelaksanaan program KKBPK di masing-masing daerah. Untuk diketahui bahwa pelaksanaan penilaian dilakukan sejak Agustus – Oktober 2018. Dengan kriteria penilaian pada aspek/variabel penilaian kegiatan lomba yang dilaksanakan didaerah diberbagai bidang antara lain bidang kependudukan berupa.lomba membuat karya tulis atau pidato tentang kependudukan, bidang KB/KR berupa lomba Bidan Praktek Mandiri dan Lomba Promosi dan Konseling Kesehatan Reproduksi di RS tipe C, dan Lomba Motivator KB Pria.
Sementara di bidang KS/PK ada lomba kelompok BKB, Lomba kelompok PIK R/M, d) Lomba Duta GenRe. Khusus di bidang Adpin ada lomba Pemilihan PLKB/PKB teladan, Pemilihan IMP (PPKBD/Sub PPKBD) teladan, dan Lomba KB Lestari (15
tahun), paparnya.
Tentunya semua kegiatan ini harus mendapat dukungan Gubernur, Bupati dan Walikota terutama dalam mendukung pelaksanaan program pembentukan Kampung KB.

BACA JUGA  Dijadwalkan Pekan Depan, Pemprov Sulteng Adakan Pasar Murah Mobile

Untuk penghargaan anugerah kencana tahun 2018, Tingkat Nasional diberikan kepada 5 (lima) pemerintah daerah provinsi dan 34 (tiga puluh empat) pemerintah daerah kabupaten dan kota salah satunya adalah Kabupaten Sigi.
REDAKTUR : NILA

Komentar

News Feed