oleh

Pasien Covid -19 Meningkat, Pemerintah Perketat Pengawasan di Pintu Masuk Wilayah Perbatasan

Sinergi Pemerintah Kota Palu (Dinas Kesehatan Kota), Aparat TNI/Polri dan Sat Pol PP memperketat penjagaan di Posko Covid-19 di Kecamatan Tawaeli, Kota Palu. (F-ist)

PALU, SM. Com – Dalam perkembangan kasus Covid-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng), dari hari ke hari terus meningkat. Bahkan dari 13 Kabupaten di Sulteng, terpantau ada lima (5) daerah kabupaten/kota yang menempati urutan tertinggi untuk kasus Covid-19.

Berdasarkan laporan dari Pusat Data penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesu Tengah, tercatat lima kabupaten yang menempati rangking teratas untuk kasus Covid-19 yaitu Kota Palu yang terkonfirmasi positip covid-19 sebanyak 1.544 orang, disusul Kabupaten Morowali dengan 787 orang, Kabupaten Banggai sebanyak 560 pasien reaktif covid-19, Kabupaten Poso 413 orang dan Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 269 orang positip covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr. I Komang Adi Sujendra selaku juru bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng mengatakan angka tersebut terus meningkat. Dan ini menjadi perhatian khusus bagi kami pemerintah daerah khususnya dinas kesehatan Sulteng dan OPD terkait lainnya.
Tentunya berbagai cara terus dilakukan oleh pemerintah daerah, salah satunya dengan memperketat penerapan disiplin protokol kesehatan. Disisi lain pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan aparat TNI/Polri serta Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) meningkatkan pengawasan dan pintu masuk/keluar wilayah Sulteng.
” Pengawasan dipintu masuk ke wilayah Sulteng diperketat terutama di wilayah perbatasan antara Sulteng-Sulbar, Sulteng-Sulsel, Sulteng-Sultra dan Sulteng-Sulut.
Dan setiap pelintas yang masuk ke wilayah Sulteng wajib membawa surat hasil rapid tes untuk diperlihatkan kepada petugas posko yang intens menjaga di wilayah perbatasan, ” jelas dr I Komang.
Demikian halnya juga diminta kepada para Bupati/Walikota untuk intens memperketat penjagaan di pintu masuk di wilayah kabupaten atau kota.
Salah satu contohnya, pemerintah kota Palu memperketat pengawasan di Jalur masuk kota palu, yakni di Posko Covid-19 Kecamatan Tawaeli,” ungkapnya.
Hal seperti ini juga kami inginkan, dimana setiap kabupaten juga memperketat pengawasan diwilayah perbatasan lintas kabupaten. (nila)

BACA JUGA  Polda & Kejati Sulteng, Stop Mengayomi Pelaku Hoax, Fitnah, Pengadu Domba Masyarakat.

Komentar

News Feed