Narkoba Jenis Baru Mengintai Indonesia di 2018

0
210

Tingkat peredaran narkotika di Tanah Air makin mengkhawatirkan. Sekedar catatan, sepanjang tahun 2017, ada sekira 46.537 kasus narkoba di berbagai wilayah Indonesia yang diungkap Badan Narkotika Nasional (BNN).
Dari data yang dirilis BNN pada akhir tahun 2017, sebanyak 58.365 tersangka berhasil ditangkap. Sedangkan 79 tersangka lainnya ditembak mati lantaran melawan petugas. Jumlah yang terungkap itu tentu saja sebagian kecil saja, fakta yang diledangan bahwa peredaran narkoba telah menyusup lebih luas hingga ke berbagai profesi dan waktu.
Belakangan, beberapa jenis narkoba dari luar negeri yang tergolong baru seperti Cannabinoid sintetik (cairan dalam eksport Vape), narkoba cair, bahkan efek yang mirip dengan Flakka pun dibagikan telah beredar di Indonesia.
Kata-kata, kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk upaya pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian, sosialisasi, penyuluhan dan tatap muka juga harus terus digencarkan ke masyarakat, agar tidak ada ruang yang bisa digunakan oleh para pengedar narkoba untuk beraksi.
Untuk mengelabui petugas, para produsen obat-obatan kini telah mengubah tampilan zat-zat psikotropika itu, dari yang masih berbentuk nyata seperti pil dan serbuk, hingga yang tetap diungkap belum lama ini, yaitu berwujud seperti permen, dan ada pula yang berupa cairan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here