oleh

Momentum Malam Puncak Adujak GenRe 2024 Diharapkan Gerak Cepat GenRe Sulteng Mampu Turunkan Angka Stunting

Para peserta GenRe dari 13 Kabupaten/kota se Sulteng(F-nl)
SULTENGMEMBANGUN. COM, PALU – Setelah melalui berbagai proses dan seleksi pemilihan duta Generasi Berencana (GenRe) mulai dari Pra Seleksi hingga pada proses seleksi yang dilaksanakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2024, akhirnya sampailah pada malam puncak
Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GENRE) Tahun 2024, pada Sabtu Malam (11/05/2024), di Aula Hotel Best Western Palu.

Kegiatan ini dihadiri Deputi bidang KSPK BKKBN RI, Novian Andusti SE, MP, Gubernur Sulteng diwakili Asisten II Rudi Dewanto, Perwakilan Walikota Palu dan perwakilan dari seluruh Bupati se-Sulteng.

Kepala perwakilan BKKBN Sulteng, Temny Soriton.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny Soriton menyampaikan terima kasihnya kepada semua karena kegiatan ini terbilang sangat semarak yang bukan hanya dihadiri oleh para peserta dan forum GenRe namun para orang tua dan kerabat peserta juga hadir meramaikan suasana malam puncak Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GENRE) Tahun 2024.

” Bukan hanya peserta para remaja dari Kabupaten/Kota yang hadir, namun saya lihat para orang tuanya juga hadir ikut mendukung. Tentunya hal semacam inilah yang sangat kami harapkan bahwa kita harus bersama-sama berkolaborasi antara pemerintah dan maupun keluarga kelak agar nanti anak-anak kita itu bisa bertumbuh berkembang sebagaimana mestinya,” kata Tenny Soriton selaku Bapak GenRe Sulteng.

BACA JUGA  Satukan Persepsi Cegah Stunting, BKKBN Sulteng Gelar Prarakerda

Perayaan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GENRE) Tahun 2024 yang ke-13 tingkat provinsi Tengah tahun 2024 mengangkat tema detail of megalite.

Tema ini terinspirasi dari program pemerintah provinsi Sulawesi Tengah yang mencanangkan dan mempromosikan Sulawesi Tengah Negeri Seribu megalite. Dan tema ini dikaitkan dengan program GenRe tentu saja program GenRe Sulteng diharapkan dapat menciptakan remaja yang berkarakter, memahami konsep diri, berkualitas dan bisa menjadi remaja yang mandiri. Remaja yang ibaratkan mutiara dengan segudang prestasi sehingga dapat menginspirasi bagi remaja lainnya dari masa ke masa.

” Saya harap melalui program GenRe, dapat menurunkan prevalensi angka stunting di Sulteng, mengurangi tindak kekerasan seksual pada kaum remaja khususnya pada kelompok perempuan dan anak, menghindarkan remaja dari perkawinan anak dan menghindarkan remaja dari pergaulaan bebas. Sehingga pergerakan remaja yang tergabung dalam GenRe kelak akan menjadi pionir masa depan bangsa menuju generasi emas 2045,” harap Tenny.

Sementara itu, Deputi bidang KSPK BKKBN RI, Nopian Andusti dengan bangganya menyampaikan apresiasinya kepada Perwakilan BKKBN Sulteng dan OPD terkait yang telah berkolaborasi dalam mendukung Program GenRe sekaligus dalam kerjasama penurunan stunting yang masih menjadi PR utama bagi kita semua.Hal itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama Penurunan Stunting antara BKKBN Sulteng dengan OPD terkait.

BACA JUGA  Aplikasi Elsimil Mudahkan Pendataan dan Pemantauan Ibu Hamil dan Pasca Persalinan

Melalui program GenRe kita juga berharap dapat menciptakan generasi berkualitas yang sehat, cerdas dan harus memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia internasional.

” Peran GenRe sangat penting dalam menurunkan angka stuntibg di Sulteng. Selain GenRe, peran dan pendampingan keluarga juga sangat menentukan keberhasilan dalam menekan angka stunting khususnya Sulawesi Tengah yang angka stuntingnya masih cukup tinggi, dengan peringkat 7 nasional tertinggi stuntingnya,” ungkap Novian Andusti.

Salah satu cara mengatasi stunting, diawali dengan persiapan calon pengantin pra nikah yang harus dipastikan sudah tersertifikasi sehat .

” Pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin harusnya jadi syarat untuk menikah. Tujuannya agar pasangan pengantin tidak melahirkan bayi stunting. Karena itu, selain jaminan kesehatan juga kepada pasangan calon pengantin diberi pembekalan agar lebih mantap sebagai pasangan rumah tangga yang sakinah.

Acara malam puncak Adujak GenRe Sulteng tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulteng diwakili Asisten II Rudi Dewanto.

Pada kesempatan itu, atas nama Gubernur Sulteng, Rudi Dewanto juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Perwakilan BKKBN Sulteng yang telah memberikan ruang dan pembinaan bagi remaja di Sulteng melalui program GenRe yang pada kenyataannya turut memberikan kontribusi positip bagi pembangunan keluarga terutama dalam perannya, GenRe turut mendukung visi misi pemerintah provinsi yaitu gerak cepat menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju.

BACA JUGA  Dukung Upaya Percepatan Penurunan Stunting, Alfamidi Branch Palu Luncurkan Program Penambahan Nutrisi bagi Keluarga Beresiko Stunting

” Ajang GenRe ini merupakan bukti konsistensi dan komitmen BKKBN terhadap pembangunan remaja. Dan saya berharap kedepan generasi muda Sulawesi Tengah akan menjadi aktor pembangunan bukan menjadi penonton, ” pungkasnya. ***

Komentar