oleh

Menuju Desa Digital, Bupati Donggala Ajak Masyarakat Desa Melek Informasi

SULTENG MEMBANGUN.COM-DONGGALA,
Kegiatan Pelatihan Website dengan tema “Pelatihan Website Desa Dalam Mewujudkan Pengelolaan Informasi Menuju Desa Digital Di Kabupaten Donggala,”
dibuka secara resmi oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa,SH., MH, bertempat di Aula Kasiromu Kantor Bupati, Selasa (09/02/2021).

Acara diawali dengan sambutan dari perwakilan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Dr. Drs. Mulyadi Malik, M. Si, selaku Kepala Pusat Pelatihan Pegawai ASN Kementrian Desa dan PDTT Republik Indonesia (RI),
melalui Via Zoom, mengatakan bahwa pertemuan tersebut sangatlah penting.

Dimana Pemerintah Kabupaten Donggala saat ini, fokus terhadap pembangunan desa.

Hal tersebut, bagaimana transformasi digital atau Desa pintar bisa terlaksana secara umum dan kebijakan pemerintah dengan undang-undang desa, mempunyai kewenangan yang sangat besar dalam hal bagaimana membangun Desanya.

Olehnya Kementerian Desa memunculkan kebijakan, bagaimana mewujudkan semangat yang didukung oleh kementerian.

“Ini juga menerapkan program Desa dengan konsep Smart Village, maksudnya ini diharapkan ke depan bagaimana masyarakatnya cerdas,” Pungkasnya.

Bagian Marketing CV. Hani Collection, Mardiana dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan website yaitu melatih operator desa masing-masing, untuk dapat mengoprasikan serta mengolah informasi desa, yang nantinya dapat direalisasikan ke dalam website dan dengan pelatihan tersebut diharapkan agar operator desa bisa membuat tampilan website secara profesional yang mudah untuk diakses.

BACA JUGA  Kampung Nelayan Bangkit Setelah Disapu Tsunami

Selain itu, tujuan pelatihan website juga diharapkan kepada seluruh desa dapat menggunakan website sebagai sarana tukar menukar informasi, dengan desa lainnya dan dapat terkoneksi langsung dengan Kementrian Desa.

Sehingga mempermudah komunikasi dan informasi secara timbal balik.

Sementara itu, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa melihat perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini, telah merambah sampai ke pelosok desa dengan berbagai bentuk yang menyentuh setiap sendi kehidupan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan khususnya di lingkup pemerintahan desa.

Olehnya Bupati berharap dengan adanya pelatihan website tersebut peserta dapat mengikuti secara bersungguh-sungguh, karena tentunya akan berlanjut pada penerapan dimasing-masing desa.

“Apalagi jaringan website hampir disemua desa sudah tersedia dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” Ujar Bupati.

Hal tersebut dikandung maksud kata Bupati, untuk mendukung program pemerintah tentang desa digital, diseluruh Wilayah Republik Indonesia pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Donggala.

Pelatihan Website tersebut turut dihadiri oleh Inspektur Inspektorat, Dee Lubis, SH., MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Abraham, SE, dan Camat Se-Kabupaten Donggala.**(Syamsir)**

BACA JUGA  Kasus Covid-19 di Kota Palu Meningkat, Walikota Keluarkan Edaran Baru

Komentar

News Feed