Melambung Tinggi, Harga Bawang Putih di Palu Tembus Rp100 Ribu / kg

0
178

Dikeluhkan, Harga Bawang Putih di pasar murah, masih dijual seharga Rp80 ribu per kg. (F-nila)

PALU, Sultengmembangun.com – Pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palu dalam rangka penetrasi harga selama bulan suci ramadhan, justru tidak mampu menekan lonjakan harga yang terjadi di sejumlah pasar tradisionil yang ada di palu. Terutama harga bawang putih yang mengalami kenaikan sangat signifikan hingga menembus angka penjualan sebesar Rp100 ribu per kilogram.

Pantauan media ini, pada Rabu (8/5/2019), harga bawang putih di pasar murah yang digelar di halaman kantor Dinas Perindag Kota Palu, dijual senilai Rp80 ribu per kg. Menurut sejumlah warga yang berkunjung ke pasar murah, harga tersebut masih terbilang sangat tinggi.

“Beberapa pekan sebelumnya, harga bawang putih di pasar tradisional yang ada di palu, dari harga Rp30 ribu per kg, kemudian naik menjadi Rp45 ribu per kg, dan terakhir menembus angka penjualan sampai Rp100 ribu per kg, ” ungkap Nunung, salah seorang pengunjung di pasar murah.

BACA JUGA  Sinergitas Perbakin Sulteng Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Menembak yang Profesional

Tentu saja kondisi ini, patut menjadi perhatian pemerintah daerah melalui Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Sulteng dan terlebih khusus bagi pemerintah kota palu, untuk segera melakukan evaluasi terhadap lonjakan harga sejumlah kebutuhan bahan makan di Kota Palu, selama bulan ramadhan.

Sementara aksi sidak yang dilakukan oleh TPID Sulteng bersama BPOM di kedua pasar tradisional di kota palu, tidak berpengaruh. Sebab sidak hanya memantau produk bahan makanan yang tidak layak jual atau yang sudah kadaluarsa. (NP)

REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here