oleh

Masih Mewabahnya Covid-19, Rencana Masuk Sekolah Diawal 2021 Bakal Ditunda

dr. Husaemah, M.Kes., MM
PALU, SM. Com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Husaemah, M.Kes., MM menyarankan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, agar menunda pelaksanaan tatap muka di sekolah, demi kesehatan dan keselamatan peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan.

Karena saat ini, peningkatan kasus Covid-19 di Kota Palu masih terus naik, apalagi adanya transmisi lokal begitu masif hampir di semua kelurahan, serta mobilisasi penduduk juga semakin masif, menambah rawan bagi peserta didik jika dilakukan tatap muka di sekolah.

Data terakhir tercatat ada 150 kasus terkonfirmasi Covid-19, sementara data OTG 188 orang. “Ini yang diketahui, bagaimana yang tidak diketahui, namanya transmisi lokal pasti masih ada yang berkeliaran di sekitar kita luar sana, hanya saja tidak diketahui, olehnya harus bijak melihat kondisi ini, demi keselamatan anak, tunda dulu,”saran Kadis Kesehatan Kota Palu. Senin (28/12/2020).
Penundaan tersebut kata Kadis Kesehatan, sampai betul-betul kondisi Covid-19 dapat terkendali di Kota Palu, sambil menunggu vaksin Covid-19. “Kondisi seperti ini, saya mengatakan tidak aman jika dilakukan tatap muka di sekolah, tundalah dulu sampai betul-betul terkendali,”pesan Kadis.
Sebelumnya, hampir semua sekolah di Kota Palu melakukan persiapan membuka kembali sekolah di awal tahun 2021, setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengizinkan pemerintah daerah untuk memutuskan pembukaan sekolah atau kegiatan belajar tatap muka di sekolah di seluruh zona risiko virus corona mulai Januari 2021.
Dengan ketentuan, keputusan pembukaan sekolah diberikan kepada tiga pihak, yakni pemerintah daerah, kantor wilayah (kanwil) dan orang tua melalui komite sekolah. Orang tua masing-masing siswa dibebaskan untuk menentukan apakah anaknya diperbolehkan ikut masuk sekolah atau tidak. Sekalipun, sekolah dan daerah telah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar tatap muka. (krn)

BACA JUGA  Dua Warga Kampung Maros Poso, Tewas Ditembak OTK

Komentar

News Feed