Masa Pemulihan, YBM PLN Salurkan Rp3,5 M untuk Recovery Paska Bencana

0
305

Saat dilakukan launching program recovery sekaligus penyerahan bantuan YBM PLN yang dihadiri Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Syamsul Huda, Komisaris Utama PLN, Ilya Avianti. General Manager PLN Suluttenggo, Christyono, Senin 25 Maret 2019 di Kabupaten Sigi. (F-HAMDI ANWAR/PE)

PALU, Sultengmembangun. com – Yayasan Baitul Mal (YBM) PT PLN Persero turut berkontribusi dalam proses recovery paska bencana di Wilayah Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah. YBM merupakan lembaga amil zakat berbasis perusahaan yang menghimpun dana dari karyawan PT PLN.
Recovery dilakukan dengan sejumlah pendekatan. Total nilai dana recovery mencapai Rp3,5Mikiar lebih. Antara lain dialirkan dalam bentuk pembangunan hunian sementara (Huntara), penyediaan fasilitas kesehatan gratis. Kemudian berbagi sembako, renovasi masjid, bantuan mobil ambulance. Bantuan permodalan dan kesehatan klinik BSMI di Kabupaten Sigi, pemberdayaan ekonomi dhuafa serta Beasiswa SD SMA dan kafalah guru madrasah. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada perwakilan warga penerima bantuan, Senin 25 Maret 2019 di Kabupaten Sigi dalam acara launching program recovery Palu, Sigi dan Donggala.
Launching dihadiri langsung Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Syamsul Huda, Komisaris Utama PLN, Ilya Avianti. Turut hadir, perwakilan Pemda Sigi,General Manager PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, Christyono serta pengurus dan Amil serta Muzaki YBM PLN.
Direktur Refional PLN Sulawesi,, sekaligus Pembina YMB, Syamsul Huda, menjelaskan, sejak awal PLN telah ikut serta dalam berbagai upaya program kemanusiaan untuk membantu korban bencana alam di Sulteng.
“Semenjak masa tanggap darurat. Dua hari setelah musibah bencana alam terjadi. YBM PLN memberikan bantuan logistik, layanan kesehatan, dapur umum, trauma healing, sekolah darurat, hingga layanan operasi rumah sakit tenggorokan,”katanya dalam sambutan. Setelah enam bulan musibah berlalu, YBM PLN, kini hadir memberikan program untuk fase recovery. Dalam pelaksanaan program recovery, YBM PLN bersinergi dengan beberapa mitra strategis diantaranya Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), BUB Nurul Fikri dan Pesantren Hidayatullah. Dia berharap bantuan tersebut, dapat bermanfaat seluas-luasnya dan mampu meringankan beban para warga yang menjadi korban bencana.
“Kami membutuhkan doa dan dukungan dari Bapak Ibu hadirin sekalian, agar YBM PLN bersama PLN Peduli diberikan kemudahan oleh Yang Maha Kuasa agar dapat terus menjejak manfaat untuk sesama,” katanya.
Komisaris Utama PLN, Ilya Avianti, pun berharap bantuan bisa sedikitnya membantu korban bencana di Sulteng. Menurutnya, bantuan itu adalah bentuk kasih sayang PLN berikut jajaran.
“Mereka ihklas sisihkan pendapatan untuk sedekah. Agar masyarakat bisa mulai beraktifitas kembali,”jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Ilya Avianti meminta masyarakat yang rumahnya belum teraliri listrik, untuk melapor ke PLN setempat.
“Kalau ada kesulitan biaya sambung, laporkan saja, nanti dicarikan jalan keluar bersama,”jelasnya. Sementara itu, General Manager PLN Unit Suluttenggo, Christyono, dalam sambutannya menyebut, PLN hadir ditengah masyarakat sebagai perusahaan yang menjalankan tugas menerangi wilayah NKRI.
“Namun PLN juga memiliki program perbantuan kepada masyarakat. Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban masyarakat Sulteng,”demikian Christyono.(PE*cr)
REDAKTUR : NILA

BACA JUGA  Penguatan Sinergi Antara Pemerintah Kab/Kota, BPN dengan KPK dalam Penertiban 553 BMD non Sertifikat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here