Maraknya Info Penyebaran Covid-19 di Sulteng, Gubernur Longki Minta Masyarakat Tetap Tenang

0
195

Gubernur Sulteng, H.Longki Djanggola pimpin rakor antisipasi dan pencegahan Covid-19 di Sulawesi Tengah. (F-humas)

PALU, Sultengmembangun.com – Menyikapi kian hebohnya pemberitaan mengenai persebaran virus corona atau Covid-19, Gubernur Sulawesi Tengah, Drs.H.Longki Djanggola,MSi menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulteng untuk tetap tenang dan jangan panik dalam menyikapi masalah Covid 19.
Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh OPD terkait dan unsur pimpinan Forkompinda Sulteng, Senin (16/03/2020), di Polibu kantor Gubernur Sulteng.

Dalam rakor tersebut Gubernur menegaskan agar masyarakat sulteng sedapat mungkin mengurangi aktivitas diluar. Bila sekiranya tidak terlalu penting, lebih baik beraktivitas di rumah saja.

Di sektor pendidikan, Gubernur Longki Djanggola meminta kepada pihak sekolah untuk di jenjang SMA/SMK dan MA se Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu dan sekitarnya, agar kiranya dapat meliburkan siswanya. Terkecuali bagi kelas XII yang tengah melaksanakan Ujian, tetap melanjutkan ujian dengan catatan setiap pagi, sebelum masuk ke kelas, seluruh siswa diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik serta memeriksakan diri kepada petugas kesehatan yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah.

BACA JUGA  Putuskan Mata Rantai Penyebaran Virus Corona 19, Masyarakat Dihimbau Untuk Taat Aturan

” Bagi siswa yang ujian tetap dianjurkan untuk melaksanakan ujian dengan mengikuti anjuran sekolah. Dan selama ujian tetap dalam pengawasan pihak sekolah,” jelas Gubernur Longki.

Untuk TK, SD, SMP/MTs kata Gubernur, seluruhnya diliburkan terhitung 16 – 29 Maret 2020. Dan untuk perkembangan selanjutnya nanti akan ditinjau kembali dengan melihat perkembangan informasi Covid-19 di daerah ini.

” Selama masa libur, masing-masing kepala daerah melalui Kepala Sekolah untuk menyediakan strategi pembelajaran dengan sistim daring,” jelas gubernur dan tetap menghimbau kepada para orang tua untuk melakukan pengawasan kepada anak-anaknya selama masa sekolah diliburkan.

Sementara bagi ASN, ujarnya, tetap melaksanakan aktivitas kerja seperti biasa. Terkecuali kalau sakit, diperkenankan istirahat di rumah dengan tetap menyertakan surat keterangan sakit dari dokter.

Selain itu, gubernur juga menghimbau kepada seluruh pemilik hotel dan penginapan agar kiranya dapat menyediakan sabun antiseptik bagi setiap pengunjung hotel/penginapan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona. Termasuk menutup sementara tempat-tempat hiburan dan karaoke, termasuk bioskop selama masa libur sesuai arahan di surat edaran gubernur Sulteng.

BACA JUGA  Enam Kios, Sesaat Ludes Dilalap SiJago Merah

Yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga pola hidup sehat, pungkasnya.(Nila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here