oleh

Live Disiaran RRI, Kaper BKKBN Sulteng Sosialisasikan Delapan Fungsi Keluarga Versi BKKBN

SULTENGMEMBANGUN. COM, TOLI-TOLI – Program Bangga Kencana sangat besar manfaatnya bagi keluarga, dimana untuk mewujudkan keluarga berkualitas yang mandiri, bahagia dan sejahtera maka pembangunan keluarga harus dimulai dari unit yang terkecil yaitu keluarga. Tentu saja diharapkan program ini dapat mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah.

Demikian dikatakan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah saat menjadi narasumber di salah satu siaran program di RRI Toli-Toli yang dikemas dalam siaran Lintas Tolitoli-Buol, dengan tema menciptakan keluarga sakinah, Selasa Sore (04/05/2021).

Dalam keterangannya. Kaper BKKBN Sulteng, Maria Ernawati menjelaskan secara detail tentang keberadaan lembaga ini.
Melalui salah satu perannya, BKKBN memiliki fungsi ganda dalam mewujudkan keluarga yang Sakinah, mawadah dan warahma. Namun dalam tujuannya, BKKBN berperan dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Tentu saja, dalam hal ini dibutuhkan peran serta dari terutama tanggung jawab di setiap anggota keluarga untuk mengembangkan kemampuan diri sesuai fitrahnya sebagai manusia, jelas Maria Ernawati.

Pada kesempatan itu, Maria Ernawati juga menyampaikan pentingnya peran keluarga dalam membangun ketahanan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang dapat dicapai bilamana setiap keluarga dapat menerapkan delapan keluarga.

BACA JUGA  Antisipasi Meningkatnya Angka Pernikahan Anak, BKKBN Sulteng Bersinergi Bentuk Program Patujua

Keluarga menjadi entitas terpenting bagi kehidupan seseorang sejak ia kanak-kanak. Melalui keluarga, karakter dan kebiasaan seseorang terbentuk. Pendidikan yang pertama pun berlangsung di dalam keluarga, bukan sekolah. Hilangnya peran penting keluarga dalam kehidupan seorang anak mampu menumbuhkan perilaku negatif yang ia bawa hingga dewasa.

Karena itu, kita perlu memahami fungsi keluarga dengan baik saat kita memutuskan untuk berumah tangga. Berikut ini adalah 8 fungsi keluarga menurut BKKBN.

Adapun 8 Fungsi Keluarga yang dimaksud BKKBN yaitu
1. Fungsi Agama. Keluarga menjadi tempat dimana nilai agama diberikan, diajarkan, dan dipraktikkan.
2. Fungsi Kasih Sayang. Sejak bayi dilahirkan, sejak itu pula ia mengenal kasih sayang.
3. Fungsi Perlindungan.
4. Fungsi Sosial Budaya.
5. Fungsi Reproduksi.
6. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan.
7.Fungsi Ekonomi dan
8. Fungsi Pembinaan Lingkungan.

” Bila kedelapan fungsi keluarga ini diterapkan, maka akan terwujud ketahanann keluarga dan terciptalah kelurga yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing, ” pungkasnya. (NL)

Komentar

News Feed