Layani Pemula, Dukcapil Kota Palu Siapkan 12 Ribuan Keping Blanko E- KTP

0
124

Tasrif, Kepala Seksi Identitas Penduduk Dinas Dukcapil Kota Palu.( F-nila)

PALU, Sultengmembangun.com – Dalam upaya mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Sulteng, Pilkada Walikota dan wakil Walikota Palu tahun 2020 ini, Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu terus meningkatkan layanannya terutama dalam hal penyediaan blanko E-KTP.

Tasrif, Kepala Seksi Identitas Penduduk Dinas Dukcapil Kota Palu, yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (05/02/2020), mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan sebanyak 12.000 keping blanko E-KTP.
Dan jumlah tersebut akan melayani pengurusan KTP yang hilang, rusak, atau bermasalah terkait elemen data dan pemula.

” Jadi dengan kesediaan stok blanko yang ada, kami siap melayani semua kebutuhan masyarakat Palu terkait E-KTP,” kata Tasrif.

Pada awal tahun 2020 ini, tahap awal pihaknya sudah menyediakan sebanyak 4 ribuan keping blanko E-KTP. Dan saat ini di tahap kedua, masih dalam proses penjemputan blanko E-KTP sebanyak 8 ribuan keping.

Selain melayani di kantor, pihaknya juga melakukan sistim pelayanan jemput bola bagi pemula. Dan program atau sistim layanan jemput bola ini sudah berjalan 2 tahun ini. Hal ini dilakukan karena mengingat keterbatasan waktu bagi para pemula untuk datang ke kantor Dinas Dukcapil melakukan perekaman.

BACA JUGA  Melambung Tinggi, Harga Bawang Putih di Palu Tembus Rp100 Ribu / kg

” Karena itulah kami mengunjungi sekolah-sekolah di palu SMA/SMK dan MA untuk melayani pengurusan E-KTP,” Ungkap Tasrif.

Untuk tahun 2020 ini, pihaknya menargetkan ada sekitar 13 sekolah yang akan dikunjungi. Karena di tahun 2020 ini selain mendukung kebutuhan Pilkada, pihaknya juga turut serta mendukung suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang nantinya jelas akan mengacu pada data Dukcapil.

” Makanya kami upayakan agar para pemula bisa memiliki E-KTP sehingga memudahkan bagi para petugas Sensus Penduduk dalam melakukan pendataan di lapangan,” ujar Tasrif yang terus mencoba memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Palu.

Terkait dengan sistim layanan di kantor Dukcapil, jelasnya, pihaknya melayani sebanyak 75 orang untuk sesi pagi dan akan dilanjut lagi sebanyak 50 orang di sesi kedua setelah jam istirahat.

” Jadi dalam sehari diperkirakan ada sekitar 150 keping E-KTP yang kami siapkan untuk warga Palu mengingat keterbatasan layanan jaringan yang terkadang menjadi kendala. Semuanya tergantung jaringan saja untuk mempercepat proses layanan,” pungkasnya.(Nila)

BACA JUGA  Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, Dilantik Jadi Rektor Untad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here