KPU Sulteng Sosialisasikan Tata Cara Pencalonan Pilkada Serentak 2020 di 8 Kabupaten/Kota Palu dan Provinsi

0
172

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming saat membuka kegiatan sosialisasi tata cara pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota tahun 2020 di Palu.(F-NL)

PALU, Sultengmembangun.com
Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sulawesi Tengah mengadakan sosialisasi tentang tata cara pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota tahun 2020 . Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming, padq Senin (10/08/2020), bertempat di Hotel SwissBell Palu.

Pada kesempatan itu, Tanwir Lamaming mengatakan sosialisasi kali ini merupakan salah satu tahapan pilkada 2020. Mengingat kondisi saat ini sudah mendekati masa pencalonan yang tinggal beberapa hari kedepan yakni pada tanggal 28 Agustus sampai 3 September 2020.

” Karena itu diharapkan kepada Kabupaten/Kota untuk melaksanakan atau melakukan pengumuman terkait dengan pendaftaran untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dengan jadwal pengumuman selama 7 hari atau selama seminggu. Karena di tanggal 4 sampai 6 September 2020 Itu sudah masa pendaftaran pencalonan,” jelasnya.

BACA JUGA  Alumni Pamong Praja Parigi Moutong adalah Pekerja Keras

Terkait dengan tahapan tersebut maka pihak KPU Provinsi sangat merasa penting dan perlu untuk menyampaikan hal ini dengan melakukan sosialisasi tentang Bagaimana tata cara pencalonan pemilihan Gubernur dan Bupati pada tahun 2020 ini.

Sebagaimana kita ketahui didalam PKPU tahun 2020 kali ini, proses pencalonan sedikit berbeda karena adanya wabah atau bencana non alam covid 19.

” Olehnya dari awal kami dari KPU Sulteng mensosialisasikan menyampaikan terutama partai politik agar dapat dipahami tentang tata cara pencalonan Gubernur, Bupati dan Walikota,” imbuhnya.

Namun yang jelas bahwa didalam proses pendaftaran pencalonan, tidak dibenarkan adanya kumpul massa dan konvoi kendaraan mengiringi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota palu.

Namun demikian dari pihak KPU Sulteng, akan menyediakan layar lebar diluar kantor, yang bisa disaksikan oleh para pendukung calon yang berada diluar kantor dengan tetap menjaga jarak dan pakai masker.

” inilah mekanisme tata cara pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota tahun 2020 di masa pandemi covid 19 yang berlangsung selama 1 hari,” pungkasnya.

BACA JUGA  Sekdaprov-Walikota Cilegon Hadiri Peletakan Batu Pertama SD 2 Sigi-Biromaru

Sebelumnya, Ketua Panitia Sri Andarwati SH, Kabag Hukum di Sekretariat KPU Sulteng mengatakan pada kegiatan sosialisais ini akaj diisi oleh para narasumber diantaranya dari Komisioner KPU dan Bawaslu Sulteng.

Adapun peserta terdiri dari partai politik 16 orang, perwakilan badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah, dari Polda Sulawesi Tengah, insan pers, LSM dan Ormas. Dengan total peserta sebanyak 35 orang.

” Harapannya para peserta bisa mengikuti kegiatan ini agar dapat dipahami bagaimana tata cara pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota tahun 2020,”tutupnya.(NL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here