oleh

KPU Sulteng Sosialisasikan Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pilkada 2024

SULTENGMEMBANGUN. COM, Palu – KPU Sulawesi Tengah melaksanakan
sosialisasi terkait peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Wallikota Tahun 2024, pada Jumat (26 April 2024), di salah sati hotel di Palu.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Sulteng dalam hal ini diwakili Nisbah yang juga sebagai salah satu pemateri menyampaikan beberapa hal penting diantaranya mengenai jadwal dan tahapan pilkada 2024. Disebutkan pelaksanaan Pilkada 2024 ini mengacu pada UU No 10 tahun 2016 dengan sejumlah UU turunannya . Adapun peraturan KPU yang digunakan adalah UU No 12 Tahun 2023 tentang tata kerja KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dalam sosialisasi tersebut juga disampaikan pentingnya peran pemerintah dan Pemda pada pelaksanaan Pilkada 2024. Karenanya diharapkan Pemerintah dan Pemda bisa menjadi subyek yang netral didalam pelaksanaan Pilkada sehingga kelak hasilnya dapat melahirkan pemimpin lokal yang akan menjadi pimpinan yang membawahi ASN.

BACA JUGA  Nisbah Komisioner KPU Sulteng : Pentingnya Peran Media Jelang Pemilu 2024

“Kendali netralitas ASN itu jauh lebih penting untuk dijaga. Selain itu juga sangat penting dilakukan pemantauan dalam pelaksanaan rekrutmen penyelenggara add hock mulai dari PPK dan PPS diharapkan harus memiliki kualitas kesehatan yang baik yang tidak terindikasi penyakit sehingga dijamin tidak mempengaruhi pola kerja dan jam kerja,” ujar Nisbah sembari menambahkan bahwa Pemda dan stakeholder yang berkepentingan dengan isu pilkada diharapkan ada sharing. Informasi dan sosialisasi dalam pelaksanaan tahapan pilkada.

Untuk diketahui bahwa dalam pelaksanaan seluruh proses tahapan pilkada 2024, KPU mendapat dukungan anggaran dari APBN dan APBD. Mengingat dukungan anggaran pemda sangat urgen dalam pelaksanaan tahapan pilkada .

Komentar