oleh

Kominfo Sulteng Buka Seleksi Penerimaan Jadi Anggota KPID

SULTENGMEMBANGUN.COM, PALU – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna, SE., M.Si mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah membuka seleksi penerimaan anggota komisioner Penyiaran Informasi Daerah (KPID).Hal itu disampaikannya melalui Podcast, pada Kamis (14/10/2021) bertempat di ruang rapat kantor Kominfo Sulteng.

Dijelaskan, bahwa tufoksi KPID melakukan pengawasan terhadap program siaran di semua lembaga penyiaran dan memberikan teguran bilamana lembaga penyiaran tersebut didapati melakukan pelanggaran.

“Perlu saya tegaskan bahwa KPID bukan lembaga untuk menyensor program siaran televisi atau radio, karena yang memiliki kewenangan untuk menyensor siaran televisi atau radio adalah industri penyiaran itu sendiri,” jelasnya.

Adapun dalam pelaksanaan seleksi KPID Sulteng untuk periode 2021-2024, akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Yaitu Pertama, tahapan penerimaan pendaftaran dan seleksi berkas, berlangsung selama 30 hari atau berakhir pada Minggu pertama bukan November 2021.

Kedua, Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti uji kompetensi secara tertulis dan psikotes yang direncakan pada Minggu ke-2 bulan November 2021.

BACA JUGA  Pegawai BKKBN harus Bisa Berperan Sebagai Humas

Ketiga, Pengumuman hasil uji kompetensi direncanakan pada Minggu pertama bulan Desember 2021.

Keempat, dilakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap peserta yang lulus uji kompetensi yang direncanakan Minggu ke-3 bulan Desember 2021.

Kelima, pada Minggu ke-4 bulan Desember 2021, nama-nama Komisioner KPID Periode 2021-2025 sudah dapat ditetapkan.

Sesuai UU No. 32 Tahun 2002 disebutkan bahwa KPID sebagai lembaga independen, memberikan jaminan kepada masyarakat untuk memperoleh informasi dan mewujudkan partisipasi masyarakat dalam penyiaran.

“Pengumuman pelaksanaan kegiatan seleksi KPID sudah kami umumkan melalui media cetak dan media elektronik sehingga masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi pada seleksi tersebut.” harapnya.(*NL)

Komentar

News Feed